Gus Ipul: Semangat Mendonor Warga Jatim Luar Biasa

  • Whatsapp

Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf sangat bangga dan mengapresiasi masyarakat Jatim atas semangatnya melakukan donor darah. Hal ini terbukti, pada Tahun 2016 lalu, dari total 846 orang yang mendapat penghargaan satya lencana kebaktian sosial dari Presiden RI, sebanyak 331 orang berasal dari Jatim. Penghargaan satya lencana kebaktian sosial ini merupakan penghargaan dari Presiden RI bagi orang-orang yang telah mendonorkan darahnya antara 75 kali sampai 100 kali, bahkan lebih.

“Saya bangga luar biasa sekaligus mengucapkan terima kasih pada masyarakat Jatim karena semangatnya luar biasa. Dan Jatim menjadi provinsi dengan jumlah pendonor terbanyak penerima penghargaan itu,” kata Gus Ipul, sapaan lekat Wagub Jatim saat membuka kegiatan “Indonesia Berdonor” di Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, Rabu (8/3).
Menurutnya, dengan banyaknya warga Jatim memperoleh penghargaan dari Presiden RI, hal ini mampu memacu masyarakat lainnya agar ikut mendonorkan darahnya secara rutin. “Saya harap banyak masyarakat yang meniru mereka-mereka yang telah rutin menyumbangkan darah hingga lebih dari 100 kali,” katanya.

Gus Ipul mengatakan, pada Tahun 2016 lalu, stok kebutuhan darah di Jatim sebanyak 682 ribu kantong, dimana kebutuhan provinsi Jatim hanya 540 ribu kantong. Sehingga sisanya dikirim ke beberapa rovinsi lain. “Ini artinya kita bisa menyuplai dan menolong mereka di luar provinsi Jatim, ini pekerjaan kemanusiaan yang luar biasa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, beberapa Rumah Sakit (RS) di Jatim memiliki stok darah yang cukup, bahkan lebih. Sebagai contoh, di RS Dr Soetomo Surabaya, ada 60.000 stok kantong darah per tahun, dan RS Saiful Anwar Malang memiliki stok darah 48.000 kantong per tahun.

Terkait acara donor darah ini, ia menyambut baik. Ia juga mengapresiasi RRI yang memiliki program kemanusiaan seperti ini. “Ini kegiatan yg perlu didukung dan apresiasi. Sehingga mampu menginspirasi dan mengajak masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala RRI Surabaya Retno Dwi Swasti mengatakan, acara ini diselenggarakan serentak di seluruh kantor RRI di Indonesia. Acara “Indonesia Berdonor” ini mengambil tema “Pola Hidup Sehat akan Menghasilkan Kualitas Darah dan Jiwa yang Sehat”. Ia berharap acara ini dapat membuat masyarakat yang enggan berdonor, akan berdonor. “Dengan berdonor, masyarakat akan sehat dan Jatim juga akan jaya,” katanya. (^^)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *