Hadiri PENAS di Padang Sumbar, Bupati Jember Dapat Satya Lencana Wirakarya

  • Whatsapp
Bupati Jember saat mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian (beritalima.com/istimewa)
Bupati Jember saat mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Menghadiri perhelatan Pekan Nasional (PENAS) Pertanian Perikanan Nasional XVI di Landasan Udara (Lanud) Sultan Syahrir di Kabupaten Padang, Sumatera Barat, Bupati Jember H. Hendy Siswanto mendapatkan penghargaan.

Penghargaan itu, yakni Satya Lencana Wirakarya bidang pertanian yang diberikan langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Sabtu (10/6/2023).

Bacaan Lainnya

Bupati Jember menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang memperoleh lencana itu.

Bupati Hendy menyampaikan, Satya Lencana Wirakarya merupakan bentuk kerja keras yang dilakukan oleh seluruh insan di Kabupaten Jember.

“Mulai para petani, nelayan, hingga jajaran Pemerintah Kabupaten Jember. Termasuk para pegiat yang bekerja keras di bidang pertanian dan perikanan,” ungkapnya.

Bukan tanpa sebab, ada banyak produk unggulan Jember yang memiliki nilai lebih. Salah satunya adalah Kelengkeng Jemsu alias Jember Super.

Tak hanya Jemsu, Bupati menyebut, pihaknya juga mengembangkan seluruh komoditas yang mampu bersaing secara regional, nasional, bahkan internasional.

“Nah, hal itu bakal menjadi komitmen kita,” jelasnya.

Kedua, untuk mengatasi kekurangan pupuk, pihaknya telah membuat pabrik pupuk organik. Dengan begitu, Wes Wayahe Jember Mandiri Pupuk dan Wes Wayahe Jember Mandiri Pangan.

“Ini dapat menjadi satu kekuatan yang kita wujudkan bersama-sama,” urainya.

“Jadi, dengan adanya satya lencana ini menjadi bukti bahwa kami sudah dan akan terus berinovasi dalam bidang pertanian dan peternakan. Untuk apa? Untuk kesejahteraan masyarakat Jember,” ungkapnya.

Pada kegiatan PENAS VXI, Kabupaten Jember juga membuka stand pameran dengan menyediakan sejumlah produk andalan Jember. Mulai kelengkeng, kopi, cerutu, edamame, hingga produk andalan lain.

“Ini adalah kekuatan dari Indonesia yang ada di Jember, di sini Jember juga bisa mencontoh dan berkolaborasi dengan daerah lain,” tandasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait