Halbar Terbaik Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Citra Satelit

  • Whatsapp

JAILOLO,beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) berhasil menjadi salah satu yang terbaik dalam pengelolaan data pembangunan daerah melalui Citra Satelit Pengenderaan Jauh tahun 2019.

Data pembangunan daerah yang disajikan dengan resolusi tinggi melalui Citra Satelit menjadi penilaian Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), sehingga Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) merupakan kabupaten di Provinsi Maluku Utara (Malut) diundang dalam rapat koordinasi nasional Citra Satelit Pengenderaan jauh tahun 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (30/1).

“Kehadiran Pemkab dalam rapat koordinasi itu juga sebagai penerima data citra satelit penginderaan jauh tahun 2019 dari LAPAN,”ungkap Kepala Bidang Fisik dan Prasarana (Fispras) BP3D Halbar Ustomo Hamisi ketika dikonfirmasi, Kamis (31/01/2019).

Ustomo mengaku, rapat koordinasi tersebut dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk pelaksanaan dari perintah Undang-undang (UU) nomor 4 tahun 2016, dengan mengundang seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota yang dinilai memenuhi kriteria.

“Untuk tahun ini, diundang 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk Halbar yang merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Malut yang menerima bantuan data Citra Satelit,”katanya.

Data dengan resolusi tinggi itu, kata Ustomo, disampaikan ke Pempus untuk dapat digunakan sebagai kebutuhan perencanaan dan pengambilan kebijakan dalam pembangunan secara berkelanjutan. (Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *