Harga Anjlok, Petani Singkong Lampung Menangis, LaNyalla Carikan Solusi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– -Persoalan anjloknya harga komoditas pertanian seperti singkong atau gabah di tingkat petani saat musim panen harus dilihat dari pendekatan makro dan mikro.

Penegasan itu disampaikan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat membuka Forum Group Discusion (FGD) secara virtual, tentang anjloknya harga singkong pada tingkat petani di Provinsi Lampung, Selasa (16/3).

Acara yang dihelat Pimpinan Majelis Wilayah (PWM) Koorps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Lampung itu dihadir Senator asal Provinsi Lampung, Ahmad Bastian, anggota DPR RI, I Komang Suheri, Ketua KPPU, Kodrat Wibowo, anggota DPRD Provinsi Lampung, I Made Suarjaya dan Wahrul Fauzi Silalahi dan kalangan akademisi Universitas Lampung (Unila).

Dikatakan, pendekatan makro berkaitan tata kelola atau perniagaan hasil komoditas pertanian. Termasuk di sini cara pandang pemerintah terhadap petani. Mau ditempatkan sebagai subyek atau obyek? Karena ini sangat menentukan nasib petani.

Lalu, sambung Senator Dapil Provinsi Jawa Timur itu, apakah pemerintah akan hadir secara maksimal atau cukup lewat pencanangan program saja?
Juga dukungan data yang konkret dari ketersediaan dan kebutuhan komoditas itu. Suplay dan demand-nya. Termasuk bagaimana rantai distribusi komoditas tersebut, serta suplay-chain manajemen.

“Di Indonesia hanya 8 provinsi penghasil besar singkong. Artinya ada 26 provinsi non-penghasil. Dan kebutuhan produk turunan singkong digunakan banyak industri. Dan pabrik-pabrik itu tidak semua ada di provinsi penghasil. Artinya di sini kita bicara suplay-chain manajemen di dalam negeri,” urai dia.

Karena itu, LaNyalla mengatakan, impor bukan jawaban untuk menyuplai kebutuhan bahan baku di pabrik-pabrik tersebut. Tetapi distribusi dan alur pergerakan bahan baku ke daerah-daerah non-penghasil itu yang penting.

“Karena itu, Jokowi concern dengan akses melalui infrastruktur, termasuk tol laut. Sebenarnya itu untuk menjawab suplay-chain manajemen tadi. Tinggal, bisa jalan atau tidak di lapangan. Ada yang menghambat atau tidak,” imbuh dia.

Dikatakan, saat dia menjabat Ketua Omum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur 2012-2014, ia menggagas program misi dagang antar provinsi. Kerjasama dengan Pemprov, misi dagang Jawa Timur membuka etalase produk di kantor perwakilan Pemprov di beberapa provinsi dan membuka forum temu bisnis, B to B. Hasilnya signifikan meningkatkan arus distribusi barang dari Jatim ke beberapa provinsi lain.

“Ini artinya koordinasi antara kementerian perindustrian dan kementerian pertanian harus lebih kuat. Dan Pemprov Lampung harus pro-aktif koordinasi ke dua kementerian itu. Duduk bersama, pecahkan persoalan. Nanti Senator asal Lampung akan membantu,” ungkap dia.

Menyinggung soal pendekatan mikro, LaNyalla tegas mengatakan jika ada masalah di tingkat mikro, berarti ada distorsi di lapangan. Umumnya disebabkan adanya penguasaan sektor hulu dan hilir oleh korporasi yang tidak terkontrol. Atau dalam bahasa sederhananya ‘Kartel’.

Memang, kata LaNyalla tidak dilarang pabrik pengolahan punya kebun sendiri. Seperti pabrik gula punya kebun tebu, pabrik kelapa sawit punya kebun sawit. Tetapi harus diatur. Tidak boleh ada praktek kotor.

“Itu prinsipnya. Karena itu kembali ke awal tadi, petani harus jadi subyek dari program ketahanan pangan nasional. Mustahil Indonesia memiliki ketahanan pangan jika petani, peternak dan nelayan hidup susah,” urai dia.

Semua aturan harus berpihak ke subyek. “Ada petani plasma, binaan, ada kelompok tani dan sebagainya. Ini harus menjadi komitmen dan landasan berpikir kita semua, termasuk senator yang mewakili daerah, terutama tentu eksekutif, sebagai pelaksana kebijakan,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

 

beritalima.com

Pos terkait