Harga Bawang dan Cabai di Pasar Basanohi Naik Jelang Ramadan

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA, beritalima. com – Jelang ramadan tahun ini harga kebutuhan pokok seperti Bawang dan Cabai di pasar Basanohi Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) mulai mengalami kenaikan harga.

Pedagang bumbu dapur, Anisa Abdul menuturkan, perubahan harga misalnya terjadi pada bawang putih dan merah. Dikatakannya, semula harga bawang merah Rp 40 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 50 ribu perkilogram.

Demikian juga bawang putih yang kini dengan harga Rp 60 sampai 65 ribu perkilogram. ”Kenaikan ini sudah terjadi sejak sebulan lalu, ”kata Anisa saat ditemui media ini di pasar Basanohi, Sabtu (2/5). Menurutnya, kenaikan harga bawang tersebut dipicu stok yang berkurang. Berbeda dengan harga bawang dan Tomat, namun Tomat justru stabil yakni Rp 10 ribu perkilogram.

Menurutnya, ini berbeda dengan tahun lalu. Dimana lanjut Anisa, tahun lalu harga tomat justru Rp 20 ribu perkilogram. Anisa bilang, stok untuk tomat cukup banyak, beberapa hari lalu tomat dipasok dari Manado dan Luwuk baru saja di distribusi, disaat yang sama petani di Sanana juga tenga memanen tomat. ”Sekarang harga tomat cuma 10 ribu padahal tahun lalu itu mahal, ini karena stok banyak sekali, ”katanya.

Sementara harga cabe rawit makin pedis menjelang ramadan yakni Rp 45 ribu perkilogram. Untuk cabe halus masih stabil yakni Rp 15 ribu 1 kaleng susu. ”Kalau cabe memang naik Rp 5 ribu saja, ”tandas Fatma Nurau pedagang barito. (DN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *