Hargai Peran Sekdes Dalam Pemerintahan Desa

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Terkait dengan Bantuan Keuangan Desa, dalam hal ini rawannya penyelewengan anggaran yang ada, wakil bupati Lumajang Ir Indah Amperawati M Si sangat mewanti-wanti kepada pengelola keuangan desa. Hal itu disampaikan saat membuka acara Sosialisasi Bantuan Keuangan Desa, DD/ADD tahun 2019 di Gedung Guru, Selasa (14/05/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lumajang, Ir Indah Amperawati M Si (bunda Indah) mengungkapkan, bahwa ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian khusus untuk dilakukan pembenahan, sehingga pada 2019 bantuan keuangan desa (ADD dan DD) lebih baik. Himbauan kepada semua sekretaris desa, agar selalu mengingatkan kepala desa yang akan bermain-main dengan DD maupun ADD.
“Kalau kepala desa ingin bermain dengan uang desa dan diingatkan berkali-kali tidak bisa, maka Sekdes jangan mau menandatangani apapun”, kata bunda Indah.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang, Samsul Arifin SP MM melaporkan, bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan keuangan di desa dalam mewujudkan pengelolaan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan tertib anggaran, serta meningkatkan peran pembinaan dan pengawasan dari tim yang ada di kecamatan dalam mendorong pengelolaan keuangan di desa secara baik dan benar.

Dalam hal ini besar sekali peran sekdes untuk menyelamatkan ADD/DD dari penyimpangan, kepala desa juga harus mengerti peran sekdes. Kerjasama yang transparan akan membuahkan hasil yang maksimal. Sekdes harus selektif dalam pengeluaran keuangan. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *