Hebat! D’Professor, Band dengan Anggota Guru Besar Terbanyak yang Sukses Cetak Rekor MURI

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Jika mendengar kata profesor, barangkali yang muncul dalam benak adalah gelar yang berhubungan dengan penelitian, pengajaran, dan pengabdian.

Namun, siapa sangka bahwa sang profesor juga bisa memiliki kepiawaian dalam menciptakan karya seni. Seperti halnya D’Professor, sebuah band yang beranggotakan 41 guru besar Universitas Airlangga (Unair) ini.

Lahir dari Persahabatan

Ketua D’Professor band, Prof Dr dr Widodo Ario Kentjono Sp THTBKL Subsp Onk bercerita, lahirnya band ini bermula dari inisiasi sang sahabat, Prof Dr drg M Rubianto, MS, Subsp RPID(K).

Dalam sebuah pertemuan, keduanya membicarakan wacana mendirikan sebuah band sebagai wadah menyalurkan hobi dan bakat kesenian mereka.

“Pada waktu itu saya menghadiri pengukuhan salah seorang sahabat kami, kemudian saya bertemu dengan Prof Rubianto, sahabat saat di Unair dulu,” ujarnya.

Prof Ario melanjutkan, sejak mahasiswa ia dan Prof Rubianto memang telah aktif bermain musik lantaran kesamaan hobi. Karena itulah, keduanya memutuskan untuk kembali melanjutkan kegemarannya itu dengan mengajak rekan-rekan sejawat.

Mereka antara lain Prof dr Hendy Hendarto SpOG, Prof dr Jusak Nugraha MS SpPK, Prof dr Sjamsu Budiono SpM, Prof drg Istiati SpPMM, Prof drg Theresia Indah SpPMM, dan Laksamana TNI (pur) dr Imam Soewono SpPD FINASIM.

Seiring berjalannya waktu, band yang berdiri 24 Oktober 2021 lalu itu terus mengalami penambahan anggota yang semuanya merupakan alumnus Unair.

“Dari pertemuan dengan Prof Rubi itu saya mengumpulkan sembilan orang, dari FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) empat, dari FK (Fakultas Kedokteran) lima, terus jadi D’Professor itu. Setelah itu anggotanya terus bertambah, siapa yang bisa dan mau, kami silahkan bergabung,” terangnya.

Kecintaan pada Seni

Tercetusnya ide untuk melahirkan band tersebut tidak lepas dari kecintaan sang profesor terhadap dunia seni. Prof Rubianto misalnya, sejak muda memang telah gemar bermain musik bahkan menciptakan karya lagu sendiri. Salah satunya, Prof Rubi ingin mengenalkan hasil karya ‘Arek Suroboyo’ ke kancah yang lebih luas.

“Saya berharap lagu-lagu saya itu bisa jadi lagu khasnya Surabaya. Misalnya di Batak terkenal dengan lagu Batak, masa Surabaya hanya ada Rek Ayo Rek saja?” katanya.

Salah satu lagu populer besutan Prof Rubianto bertajuk Pamer Putu. Lagu itu tercipta berangkat dari inspirasi lagu Pamer Bojo karya Didi kempot. Selain itu, ia juga menciptakan lagu untuk almamater tercinta berjudul Airlangga Universitasku.

Cetak Rekor MURI

Berkat kerja keras dan kegigihan para pendiri band itu, D’Professor akhirnya berhasil mencetak rekor MURI. Band ini meraih rekor sebagai band dengan anggota guru besar terbanyak di Indonesia.

“Prof Ario punya ide kalau nanti ada MURI kita ikut MURI, terus kita kumpul bahas nanti ikut MURI apa yang kita tonjolkan,” ungkapnya.

Raihan rekor itu sebenarnya telah menjadi target dan harapan D’Professor sejak lama. Berbagai upaya dilakukan oleh sang para punggawa demi terwujudnya capaian itu.

“Akhirnya kami memutuskan untuk menonjolkan tiga hal, yaitu jumlah profesor, penyanyi terbanyak, dan lagu ciptaan sendiri terbanyak,” bebernya.

Sebagai tambahan, peresmian rekor MURI itu nantinya akan berlangsung di Surabaya, Jumat (1/3/2024).

Harapan ke Depan

Selama tiga tahun berjalan, D’Professor telah menjadi band yang menghasilkan banyak karya. Tentu saja, ke depan masih ada banyak target dan harapan menanti, termasuk perkembangan band secara lebih luas. Hal itu disampaikan langsung oleh pembina D’Professor band, Prof Dr med dr Puruhito, SpBTKV(K).

“Semoga nanti kita bisa terus berkembang, beregenerasi, dan bisa menambah anggota guru besar secara lebih luas,” tuturnya.

Selain itu, Prof Puruhito juga berharap agar D’Professor bisa terus menjadi wadah untuk berkolaborasi, berseni, sekaligus menjadi ajang untuk mengenalkan Unair ke kancah yang lebih luas.

“Tentunya harapan kami bisa terus bersilaturahmi lewat band ini. Kami juga bisa terus menyalurkan hobi, dan juga bisa meramaikan setiap kegiatan-kegiatan besar perguruan tinggi,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait