Hewan Kurban di Siyono Tiap Tahun Alami Peningkatan

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Hari Raya Idul Adha 1440 H pada tahun ini, warga dusun Siyono desa Bojasari kecamatan Kertek menyembelih 24 ekor kambing dan 2 ekor sapi yang berasal dari warga sekitar dan meningkat dari tahun sebelumnya. Pemotongan hewan kurban dilakukan di lapangan sebelah dusun,Minggu (11/8).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Riswantoro, warga dusun Siyono rutin menyembelih hewan kurban di momen Idul Adha.

Bacaan Lainnya

“Pemotongan Hewan Kurban dari warga lebih banyak dari tahun sebelumnya, di tahun sebelumnya ada 16 ekor kambing dan 1 ekor sapi. sedangkan tahun ini ada 24 ekor kambing dan 2 ekor sapi.” Jelasnya.

Riswantoro menambahkan, daging hasil pemotongan tersebut akan dibagikan kepada warga dusun Siyono setelah semua proses pemotongan dan pembersihan selesai.

Terpisah Kiai Ahmad Izoedin mengatakan berkurban sunah hukumnya, ada beberapa warga yang berniat mengamanahkan hewan kepada panitia untuk disembelih dan diberikan kepada warga.

Dia berpesan kepada warga yang berkurban harus benar dalam mengucapkan ijab khobul, karena hewan kurban untuk disedekahkan dan dihadiahkan, Sedangkan hasil penjualan kulit tidak boleh diberikan kepada tenaga pemotong.

“Ada 3 pentasarufan sedekah, yaitu untuk fakir miskin dan hadian untuk yang mampu, sedangkan sokhibul kurban hanya ngalap keberkahan. Apapun bagian dari hewan kurban tidak boleh diberikan atas dasar upah.” Pungkas Ahmad Izoedin. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *