Hikmah akui Kadisnakertran Sudah Beri Peringatan adanya PHK Massal

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Hikmah Bafaqih mengakui bahwa Jauh-jauh hari sebelum pandemi Covid-19 ini merebak, Kadisnaker Prov Jatim Himawan Estu Bagijo sudah memberikan sinyal akan adanya gelombang PHK massal, Selasa (5/5/2020)

“Pak Himawan sudah pernah menginfokan ke kami akan ada beberapa pabrikan besar yang akan melakukan PHK massal. Ditambah situasi pandemi Covid 19. Ini bisa dipahami kalau PHK dalam gelombang besar terjadi,” terang Hikmah.

Politisi asal PKB ini menyebutkan bahwa sementara ini respon pemerintah pusat dan daerah memang baru di urusan penanganan kebutuhan pokok pangan, itupun bila dilihat jumlahnya lebih bersifat bantuan, belum mengcover keseluruhan kebutuhan, termasuk skema kartu Pra Kerja yang juga direfocusing menjadi BLT.

“Tentu dibutuhkan penananganan yang lebih kompleks dan menyelesaikan bagi mereka. Jauh-jauh hari untuk pabrikan besar yang melaporkan rencana PHK ini, Disnaker sudah turun untuk melakukan pelatihan pemanfaatan uang pesangon dengan produktif. Untuk usaha kecil yang belum tentu terpantau, kami berharap ter-PHK setidaknya telah memiliki rencana cadangan sambil menunggu situasi pandemi mereda,” ungkapnya.

“Susahnya, mereka bukan dari kalangan muda usia yang peluang pasar kerjanya lebih terbuka. Alternatif terbaik memang membuka usaha sendiri atau berwirausaha,” tandas Hikmah.

Melihat kondisi di lapangan yang kian memprihatinkan, Hikmah berharap semoga mereka diberikan kesabaran dan kesempatan memperbaiki kualitas hidupnya.
“Aamiiiiin,” pungkasnya. (yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait