HMPJ Gelar Seminar dan LKK Tahun 2022 Untuk Kaderisasi Masa Depan Jayawijaya

  • Whatsapp

Jayapura – Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Jayawijaya (HMPJ) menggelar
Seminar sehari dan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) bagi para calon anggota baru HMPJ 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan di Susteran Maranatha Waena Jayapura ini dilaksanakan sejak Rabu, 15-18 Juni 2022 lalu. Ketua Panitia kegiatan, Yonas Marian dalam relase pressnya yang diterima media ini, Selasa (28/6), mengatakan kegiatan seminar sehari dan LKK yang diselenggarakan tahun ini diharapkan bisa bermanfaat bagi kader, dan tentunya kedepan bisa bermanfaat Jayawijaya kedepan.

“Semoga bisa bermanfaat bagi para kader yang mengikuti proses ini dan tentunya bisa bermanfaat bagi Jayawijaya kedepan.
Tahun ini yang mengikuti proses LKK sebanyak 50-an peserta,”ungkapnya.

Yonas menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan oleh HMPJ tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

“Ia, kegiatan kami seminar sehari dan LKK HMPJ tahun 2022 ini sudah dibuka secara resmi oleh Sekda kabupaten Jayawijaya Bapak Tonny Mayor,S.Pd.,MM dan dalam sambutannya dapat memberikan apresiasi kepada mahasiswa Jayawijaya yang di kota studi Jayapura karena melakukan kegiatan yang sangat bermanfaan,”ucapnya.

Semoga, kata dia, kerjasama yang baik antara HMPJ dan Pemda Jayawijaya tetap berlangsung demi kaderisasi para Mahasiswa Jayawijaya kedepan.

“Mereka adalah calon-calon pemimpin Jayawijaya masa depan. Kerjasama yang baik perlu ditingkatkan,”ucapnya lagi.

Sementara Sekda kabupaten Jayawijaya Bapak Tonny Mayor,S.Pd.,MM dalam sambutannya mengaku Pemda Jayawijaya akan selalu mendukung kaderisasi yang bermanfaat bagi Jayawijaya.

“Kami Pemerintah Daerah pada prinsipnya sangat mendukung penuh terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini, karena kegiatan yang dilakukan tersebut sifatnya inisiatif HMPJ yang mana mengakomodir adik-adik yang lain untuk mengasah otak dan pembentukan karakter-krakter mereka yang siap dipakai pada suatu saat,”katanya.

Sementara, ketua umum Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Jayawijaya (HMPJ) Alber Kalolik mengatakan, selain LKK, seminar yang diselenggarakan mengangkat isu Hutan dan Tanah, agar para peserta memahami isu-isu yang terjadi.

“Kami sudah punya tujuan dari pelaksanaan kegiatan seminar dengan tema, Hak Melindunggi Hutan dan Tanah Adat Kabupaen Jayawijaya. Dengan topik ini maka masalah atau isu-isu sosial yang sedang terjadi di Jayawijaya dapat terukur” katanya.

Sambungnya, untuk mennjelaskan isu-isu tersebut, maka pihaknya mendatangkan beberapa pemateri yang kompeten dalam bidangnya, yakni pertama dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua, Akademisi, Dewan Adat Papua (DAP), dan berikutnya pemateri dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Jayawijaya.

“Maka dari pandangan mereka, Mahasiswa akan merumuskan dan merekomendasikan hasilnya kepada Pemda dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayawijaya untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindugan tanah dan hutan adat kabupaten Jayawijaya”, harapnya.

Kegiatan seminar dan LKK HMPJ tahun 2022 tersebut, ditutup dengan sambutan tokoh UMKM di Jayawijaya, Yoyo Iwik Sriyoto. Dia juga mengapresiasi kegiatan seminar dan LKK tersebut.

“Adik-adik selesai proses kegiatan begini jangan kawatir lagi, karena suatu saat lembaga atau instansi-instansi terkait sangat membutuhkan kemampuan soft skiil dan hards skill kalian, sebab kalian sudah siap, hanya belum ada kesempatan. Maka kedepan kalian bisa membantu kakak-kakak kalian di Lembah Baliem Jayawijaya untuk mendapatkan hak-hak anak asli Jayawijaya itu sendiri,”ucapnya.

“Kegiatan LKK Ini baru awal dan baru dilakukan di masa kepengurusan HMPJ sekarang dan sebelumnya belum pernah ada selain penerimaan anggota baru. Maka kami buat sebuah target dari kegiatan kali ini yaitu penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 dan persiapkan bulan Natal menuju konggres mahasiswa Jayawijaya Se-Indonesia,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait