HMS Gelar Bimtek Tanaman Pangan Tentang Benih Berkwalitas di Dompu

  • Whatsapp

KAB DOMPU NTB.beritalima.com|
Anggota Komisi lV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Tanaman Pangan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan Melalui Penggunaan Benih Varietas Unggul Bersertifikat bertempat di Hotel Tursina Kabupaten Dompu pada 21 Maret 2023.

Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih ( BPSB) Pertanian NTB Edy Purwo Asbianto menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang menginisiasi kegiatan Bimtek, ini baru pertama kali Anggota DPR RI terkait Bimtek sarana pertanian pangan benih, dan itu sangat penting bagi Petani. Bahkan beberapa Petani respon ingin menjadi penangkar benih.

” Kepada para petani dan penyuluh Agribisnis Perbenihan Tanaman Pangan harus dimulai dengan pilihan Varietas Unggul yang tepat dan bermutu sebelum tanam.Apabila para petani memilih Varietas baik akan memperoleh hasil maksimal saat panen, ” ujar Edy

Edy menjelaskan, untuk diketahui perlu upaya khusus melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Benih Tanaman Pangan. Pasalnya, Industri benih belum berkembang optimal, khususnya benih jagung dan kedelai, karena kelembagaan perbenihan belum berfungsi sesuai harapan.

“Untuk itu berkat dukungan dari anggota komisi IV untuk hal ini sangat diharapkan agar evaluasi kegiatan Perbenihan tahun 2023 dan ketersediaan benih tanaman pangan terpenuhi dan untuk pengawasan balai saat ini terus ditingkatkan, ” tegasnya

Harapan kami akan tumbuh petani- petani Milenial yang sangat berminat untuk beragribisnis di bidang perbenihan sehingga Petani bisa mendapatkan benih tepat varietas, tepat waktu, tepat jumlah. Namun kendalanya petugas PBT (Pengawas Benih Tanaman) sangat terbatas karena banyak yang sudah pensiun.

Sementara itu, H.Muhammad Syafrudin ST.MM menjelaskan Bimtek ini dalam meningkatkan hasil tani masyarakat melalui penyediaan benih Varietas unggul yang baik dan bermutu. Dan mampu menciptakan petani millenial dan hasil tani berkwalitas.

“Tentu kami ada di Komisi lV DPR RI yang membidangi Pertanian,Kelautan, Kehutanan dan Bulog berkomitmen untuk mendukung para petani se pulau Sumbawa, agar petani dipulau Sumbawa lebih maju,”kata HMS tiga periode

Politisi PAN HMS menjelaskan,kegiatan Bimtek ini para petani kelak mampu memilih benih varietas unggul untuk bercocok tanamnya baik jagung, kedelai, padi, bawang dan lain-lainnya untuk memaksimalkan hasil mereka kelak.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait