HMS Mendorong Nelayan Untuk Budidaya Lobster Melalui Kegiatan Bimbingan Tekhnis di Pulau Bungin Sumbawa

  • Whatsapp

Sumbawa NTB.beritalima.com|
Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM yang akrab disapa HMS menggelar bimbingan tekhnis tentang budidaya dan lobster baru-baru ini di Desa Bungin Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa kegiatannya berlangsung tanggal 30-31 Agustus 2021.

HMS menyampaikan, kepada media bahwa Bimtek ini dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI dan diikuti oleh hampir 50 orang nelayan yang tergabung dalam 11 kelompok yang berada di desa Bungin.

“Bintek budidaya dan pengelolaan lobster ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambah bagi para nelayan sehingga dapat menopang pendapatan bagi para nelayan.”Kata HMS tiga periode DPR-RI (Kamis 2/9/21).

H.M Syafrudin berharap usai bimtek ini para nelayan dapat mengembangkan inovasi sehingga bisa menambah pendapatan dan meningkatkan harga serta nilai jual lobster itu sendiri, kita tahu bahwa lobster memiliki nilai yang bagus dipasaran baik dipasaran lokal maupun mancanegara.

Lanjutnya HMS, saya hadir dalam kegiatan tersebut memberikan motivasi kepada nelayan dan tetap semangat dalam kondisi pandemi ini untuk tetap berkomunikasi dengan dimas terkait maupun penyuluh yang ada di desa masing-masing supaya nelayan bisa mengupdate setiap perkembangan terjadi.

“Materi yang ditampilkan antara lain tekhnik memilih pakan agar dapat menghasilkan lobster yang bagus dan memiliki harga bagus juga, tekhnik pemeliharaan mulai dari indukan sampai lobster itu dimungkinkan untuk dipasarkan” jelas HMS

Seperti kita ketahui bersama bahwa sebaran Lobster di pulau sumbawa cukup banyak seperti di Lunyuk dan Labangka Sumbawa, di Huu Dompu kemudian di Bajo Pulo Sape Bima, serta banyak lagi lokasi lain yang belum teridentifikasi.

Ketua Kelompok Bungin Sukses Marsono sangat berterimakasih kepada H.Muhaammad Syafrudin,ST,.MM yang selalu anggota DPR RI Komisi IV yang memberikan penyuluhan melalui Pusat Pelatihan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.Karna selama ini kami tidak pernah mendapatkan ilmu seperti ini,baru sekarang mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa melalui beliau HMS.

“Semoga apa yang disampaikan oleh penyuluh bisa bermanfaat dan kita peraktekkan sehingga bisa meningkatkan pendapatan para kelompok pembudidaya lobster di pulau Bungin,”kata Marsono

Marsono berharap, HMS segera membentuk tim untuk kelompok pembudidaya agar bisa diberikan bimbingan teknis (Bimtek) secara berkelanjutan, sehingga kelompok budidaya lobster sendiri merasa di perhatikan oleh pemerintah.

“Untuk HMS Kelompok pembudidaya siap akan mendukung maju ke NTB atau ke empat periode DPR RI,karana HMS bisa menjadi motivator kepada pejabat lainnya baik ditingkat pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat”jelasnya (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait