HMS Menyerahkan Bantuan Perahu BMKT Kepada Pokdarwis di Desa Penyaring Sumbawa

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Anggota komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS menyerahkan bantuan berupa perahu wisata BMKT (Benda Muatan Kapal Tenggelam) kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Labu Sawo Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa pada 9 September 2022 lalu.

Bantuan perahu wisata dari direktorat jenderal pengolahan ruang laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia yang bekerjasama dengan anggota komisi IV DPR RI hal ini melalui aspirasinya H.Muhammad Syafrudin ST.MM.

HMS mengatakan, Perahu wisata BMKT (barang muatan kapal tenggelam) telah resmi diterima oleh bapak M.Hatta selaku ketua kelompok sadar wisata labu sawo Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa.Bantuan perahu wisata BMKT tersebut telah dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti jangkar, lampu navigasi, jaket pelampung dan peralatan serta perlengkapan lainnya yang layak untuk operasional kapal wisata. perahu dengan kapasitas 8 orang ini Diharapkan dapat mengangkat wisata bahari di desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa.

“Tidak salah jika Pemerintah melalui KKP memprioritaskan wisata bahari di Desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa karena mempunyai potensi wisata bahari yang sangat bagus yakni memiliki Barang Muatan Kapal Tenggelam yaitu bangkai kapal yang diperkirakan sudah berusia puluhan tahun. Bangkai Kapal Jepang, begitu masyarakat sekitar menyebutnya. Kapal dengan panjang mencapai lebih dari 30 meter ini terdapat di kedalaman kurang lebih 14 meter dengan posisi buritan kapal yang agak lebih dalam.” jelas HMS pada (25/9/22).

Namun, sayangnya peralatan lainnya seperti kemudi, layar, senjata dan pernak pernik lainnya sudah tidak ada. Oleh karena itu pelestarian BMKT ini perlu dilakukan.Maka Kelompok Sadar Wisata Labu Sawo tentunya layak dan perlu terus didorong untuk pengembangan wisata bahari. Setelah sukses dengan wisata mangrove, kemudian sekarang dengan wisata penyelaman BMKT, tentunya kelompok ini perlu terus dibina,bukan hanya dengan memberikan bantuan fisik namun pendampingan serta pelatihan anggotanya juga perlu dilaksanakan. ” Diantara pelatihan dan skill yang perlu ditingkatkan adalah pelatihan selam, pelatihan pemandu wisata, pelatihan ekonomi kreatif masyarakat,dll.” tuturnya

Hery Sucitra, S.Pi. akrab disapa Erik selaku kepala bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan pada dinas kelautan dan perikanan kabupaten sumbawa mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada H.Muhammad Syafrudin ST.MM yang sudah membantu masyarakat sumbawa melalui aspirasinya.

” Memang beliau sudah tidak diragukan dalam melobi di kementerian RI melalui aspirasinya,sehingga masyarakat di Pulau Sumbawa bisa menerima dan merasakan manfaatnya seperti beberapa bantuan yang sudah diberikan oleh beliau HMS ” terangnya (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait