HMS Peduli Lingkungan Menyebar 20.000 Tanaman Produktif di Pulau Sumbawa

  • Whatsapp

Sumbawa Besar NTB.beritalima.com|
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) komisi IV dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil NTB 1 Se-pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM yang akrab disapa HMS melalui aspirasinya menyerahkan bibit produktif tahun 2021 untuk masyarakat Pulau Sumbawa.

H.M Syafrudin,ST,.MM mengatakan,Ini adalah beberapa bagian yang bisa disampaikan kepada masyarakat yaitu bantuan bibit produktif yang bersumber dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup melalui BPDAS (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai) masing-masing diseluruh Indonesia.

” Ini merupakan salah satu cara untuk menopang hutan kita yang telah gundul, adapun rincian tanaman produktif yang kali ini disalurkan adalah Durian,Nangka, Kelengkeng,Rambutan, Alpokat dan Mangga.Bibit produksi ini tersebar sepulau sumbawa melalui kelompok tani yang diajukan dari bawah, dan jenisnya beraneka ragam” demikian HMS dalam siaran persnya menyampaikan kepada media kamis (16/9/21).

HMS,berharap agar kelak bibit produktif ini disamping bisa menopang hijaunya kembali di sekitar hutan juga kelak dapat memberikan manfaat yaitu berupa buahnya yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Disamping jenis diatas ada juga Nangka, Mangga, Rambutan dengan semuanya dengan kwalitas bibit yang bagus, HMS meminta agar semuanya bisa dijaga hingga besar dan berbuah

” Memang ada 20.000 pohon yang disampaikan ini tidak seberapa untuk menghijaukan kembali wilayah pulau sumbawa namun demikian ini semua mampu memotivasi masyarakat untuk lebih peduli lagi akan lingkungan” kata HMS tiga periode

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Moyosari provinsi NTB Jarot Prihanbodo mengatakan,ada beberapa bibit produktif yang sudah dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa sebanyak 20.000 bibit produktif.

“Dengan adanya pemberian bibit produktif ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari hasil buahnya tersebut, karena bibit produktif yang dibagikan adalah bibit yang berkualitas unggul bukan bibit biasa” jelasnya

Selain itu, diharapkan bibit produktif yang sudah dibagikan kepada masyarakat itu ditanam dan dipelihara dengan baik, jangan sampai masyarakat bisa menanam tapi tidak bisa memeliharaannya dengan baik.

“Adapun bibit produktif yang sudah dibagikan kepada masyarakat pada tahun 2021 sebagai berikut, (1) Kabupaten Bima Durian 3.300 pohon, Nangka 1.150 pohon, Kelengkeng 1.750 pohon,Rambutan 400 pohon, Alpokat 1.600 pohon, Mangga 700 pohon.”terangnya

Lanjut jarot,(2) Kabupaten Dompu Durian 1.500 pohon, Kelengkeng 2.000 pohon, Alpokat 1.000 pohon.(3) Kabupaten Sumbawa Durian 3500 pohon, Nangka 500 pohon, kelengkeng 1.200 pohon, Alpokat 900 pohon dan mangga 500 pohon. Sehingga totalnya sebanyak 20.000 pohon.

Hal ini, kelompok tani batu panyung Desa Rarak Ronges Kabupaten Sumbawa Kaharudin AL menyampaikan ucapan terimakasih kepada H.Muhammad Syafrudin sebagai anggota DPR RI Komisi IV yang telah peduli dan banyak membantu kelompok tani Se-pulau Sumbawa.

“Alhamdulilah kami menerima manfaat bibit durian yang berkualitas unggul, untuk ditanam di 2 hektar lahan.Semoga bibit ini berbuah dengan baik agar bisa menambah pendapatan kami dan masyarakat Rarak Ronges “ucapnya

Ia menambahkan, semoga apa yang di perbuat oleh beliau HMS menjadi amal ibadah dan apa yang menjadi impian dan harapanya beliau semoga terkabulkan. Kami tetap mendukung beliau maju sebagai Gubernur NTB atau Empat Periode DPR-RI, karena beliau lah pantas sebagai wakil rakyat yang selalu peduli dan membantu masyarakat se-pulau Sumbawa.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait