HUJAN Deras di Block-M sebabkan banjir bandang dan tanah longsor

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com – Longsor dan banjir bandang terjadi di Kecamatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur Atau yang terkenal dengan sebutan Block-M Brandal Cinta Kota Gaplek. Akibatnya, satu sekolah mengalami kerusakan parah akibat terseret banjir. Sementara itu jalan utama tertutup longsor dan sebuah jembatan ambrol. Salah seorang warga, Saini mengatakan, longsor terparah terjadi di Desa Bendoroto, dimana akses utama warga yang menghubungkan Desa Bendoroto dan Desa Tawing tertutup material longsor. Kata dia, kondisi ini menyebabkan dua desa terisolir. Selain itu, sebuah SD di Desa Bendoroto juga mengalami kerusakan parah akibat terseret banjir yang mana sebagian bangunan ambrol terbawa derasnya arus sungai.

IMG_20160711_172212

Sedangkan jembatan penghubung antar desa juga putus akibat terseret banjir. Sementara, SMP Negeri 3 Munjungan yang ada di Desa Bendoroto mengalami kerusakan akibat tertimpa tanah longsor. “Terparah di Desa Bendoroto, SD hanyut, jembatan putus, warga menjadi terisolir. Kemudian di SMP 3 itu juga longsor,” kata Sainu pada wartawan, Senin (11/7/2016).

Saini menambahkan, sebelum terjadi bencana longsor dan banjir bandang, wilayah Kecamatan Munjungan diguyur hujan deras selama beberapa jam, kondisi ini mengakibatkan sungai utama di kecamatan tersebut meluap. Sementara itu Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengaku telah mengirimkan alat berat ke lokasi kejadianĀ  untuk melakukan evakuasi tanah longsor, guna membuka akses di dua desa.

“Alat berat dari PU Binamarga sudah meluncur, kemudian BPBD juga sudah ke lokasi kejadian. Ada satu sekolah yang rusak parah, kami terus melakukan pemantauan, semoga tidak ada korban,” ujar Emil. Pemerintah mengaku belum bisa menaksir jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Munjungan, karena masih dalam pendataan.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *