HUT NTB KE-63, Dinas Kominfotik NTB Kupas Tuntas Keunggulan Beasiswa NTB

  • Whatsapp

Mataram NTB,Berita Lima.Com.
Dalam rangka memperingati HUT NTB ke-63, Dinas Kominfotik Provinsi NTB menggelar bincang gemilang edisi spesial dengan mengangkat tema “Capaian 1000 Cendekia atau program beasiswa NTB,” yang disiarkan langsung melalui Facebook Pemprov NTB pada Jumat pagi, (03/12).

Dalam Bincang Gemilang besutan Dinas Kominfotik tersebut, menghadirkan para narasumber yang ahli dalam bidang masing-masing diantaranya, Sekretaris LPP NTB, Dr. Sri Hastuti, Penggiat Pendidikan NTB, Dr. Lili dan Shelma, awarde atau penerima beasiswa NTB tahun 2019.

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy mengatakan, kehebatan dan keunggulan program 1000 Cendekia atau Beasiswa NTB yang digagas pemerintah Provinsi NTB dibawah kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, sudah memberikan dampak sekaligus investasi jangka panjang serta warisan kepada NTB. Beasiswa NTB juga memberikan kesempatan kepada anak-anak NTB dalam mewujudkan cita-cita mereka untuk belajar di berbagai belahan dunia.

Mudah-mudahan ini dapat memberi motivasi dan semangat anak-anak muda NTB untuk terus belajar dan mewujudkan cita-cita mereka, ungkap Doktor Najam sapaan akrabnya saat membuka bincang gemilang di halaman kantor Dinas Kominfotik NTB.

Bahkan kehebatan dan keunggulan program beasiswa NTB, lanjut Doktor Najam, telah resmi divisualkan dalam bentuk film pendek bergenre dokumenter yang resmi tayang di bioskop. Film “Program 1000 Cendikia” garapan Tris Pradana ini menceritakan tentang perjalanan program terobosan Pemprov NTB ini dari waktu ke waktu sejak diluncurkan 2018 silam.

Kita juga akan mendengarkan pengalaman alumni awarde yang berhasil mendapatkan beasiswa dengan segala tantangannya, ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris LPP NTB, Dr. Sri Hastuti menjelaskan, program beasiswa NTB ini merupakan investasi pendidikan yang sangat besar bagi peningkatan SDM dan kualitas pendidikan di NTB. Hingga saat ini jumlah penerima beasiswa NTB keluar negeri telah mencapai 595 orang, belum termasuk beasiswa dalam negeri yang telah ribuan. Karena, Ada dua jenis beasiswa NTB yang disiapkan pemerintah provinsi yaitu beasiswa tujuan luar negeri dan dalam negeri.

Semua anak-anak NTB bisa mendapatkannya dengan syarat dapat melihat prosesnya di website kami www.lppntb.com. Bahkan tahun depan, kami akan membukan kembali beasiswa tujuan Polandia, Korea dan Rusia, jelasnya.

Dijelaskannya, keunggulan lain beasiswa NTB adalah tidak membebani APBD Provinsi NTB. Karena didukung perusahaan multi nasional, BUMN dan BUMD melalui CSR. Hampir semua awarde NTB yang studi ke luar negeri dapat diterima di universitas-universitas terbaik dunia dan mereka diberi pembekalan terlebih dahulu melalui rumah bahasa secara gratis.

Bahkan alumni beasiswa bisa meniti karir di mana saja. Terlebih sebagaimana arahan pak gubernur orang NTB pasti akan pulang, jelasnya.

Sementara itu, Alumni Penerima Beasiswa NTB, Selma merasa bangga bisa mewujudkan cita-citanya bisa kuliah di luar negeri. Menurutnya, beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Provinsi NTB merupakan program yang luar biasa bagi anak-anak NTB yang bercita-cita besar tapi terkendala dengan ekonomi.

Terima kasih pak gubernur dan wakil gubernur NTB yang memberikan kesempatan kepada kami untuk mewujudkan cita-cita kami, jelasnya awarde angkatan pertama itu yang berhasil lolos di salah satu dari 5 universitas terbaik Asia.

Penerima beasiswa tujuan Malaysia itu, mengungkapkan bahwa syarat utama untuk mendapatkan program beasiswa NTB adalah harus bisa bahasa Inggris. Karena menurutnya, kemana negara manapun yang ingin dituju harus mampu berbahasa Inggris.

Kemudian syarat lainnya adalah memilih jurusan, kampu dan negara mana yang menjadi tujuannya, jelas dosen Unram tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Penggiat Pendidikan NTB, Dr. Lili mengatakan, ikhtiar pemerintah NTB dalam program 1000 cendekia memberikan gambaran bahwa lima tahun ke depan SDM anak-anak NTB akan menjadi orang-orang yang profesional dan berkualitas.

Bahkan dunia akan berada dalam genggaman anak-anak NTB. NTB memang sangat luar biasa. Saya lebih mengenal NTB dari pada daerah asal saya,” ungkapnya bangga.

Menurutnya, program 1000 cendekia yang digagas pemerintah NTB saat ini sekaligus menjadi doa bagi anak-anak muda NTB untuk membangun daerah dan bangsa Indonesia.

Saya sangat optimis, dalam lima tahun ke depan, NTB akan sangat luar biasa. Ini program yang luar biasa , tutup Doktor Lili. (Ds.km).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait