HUT Pemkot Malang, KNPI Gelar Pekan Budaya

  • Whatsapp

Malangkota, beritalimacom – Sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya dan sejarah Malang sekaligus sebagai rangkaian acara memperingati hari jadi Kota Malang yang ke 103, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang menggelar pekan budaya yang akan menampilkan kembali hiburan tempo dulu yakni layar tancap.

Ketua Pelaksana, Surya Meygawati menjelaskan acara ini merupakan bentuk pemuda sadar budaya yang diprakarsai oleh KNPI, “Seperti tajuk acara kita pemuda sadar budaya, ini merupakan bentuk kepedulian pemuda yang ada di Kota Malang dalam melestarikan budaya dan juga memahami sejarah Malang khususnya di Kota Malang,” ujar wanita yang berprofesi sebagai guru SD tersebut, Jumat (21/4).

Acara pekan budaya ini, lanjut Mey, sapaan karibnya, tidak hanya menampilkan layar tancap atau yang sering disebut bioskop misbar (gerimis bubar) tapi juga ada sarasehan dengan pemateri yang kompeten dibidangnya, yakni Ir. Budi Fathoni yang merupakan dosen tata kota, M. Dwi Cahyono, M. Hum yang ahli dalam bidang arkeolog, serta Dr.Reza Hudiyanto,M.Hum Dosen Jurusan Sejarah. Dan terkait sejarah bioskop Kota Malang akan dinarasumberi   oleh pelopor bioskop misbar, Hariadi.

“Jadi tidak hanya hiburan dan nostalgia bioskop misbar, tapi juga ada nilai edukasinya, akan ada sarasehan budaya yang membahas sejarah Malang dimasa kerajaan dan kolonial, kemudian sejarah malang setelah masa penjajahan, serta perbandingan tata kota Malang dulu dan sekarang. Tidak hanya itu, sebelum kita melihat layar tancap dengan film-film lawasnya, pak Hariadi akan menceritakan sejarah perfilman dan bioskop misbar. Jadi sangat menghibur dan beredukasi sekali,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Malang, Hutama Budi Hindrarta mengatakan jika kegiatan-kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan saat hari jadi Kota Malang, tapi akan berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih bernilai pendidikan dan menghibur.

“Ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda dan didukung oleh pemuda-pemuda Kota Malang serta dibantu oleh banyak pihak. Dan ini merupakan bentuk KNPI bersinergi dengan semua kalangan untuk mensukseskan Kota Malang sebagai kota pemuda,” jelasnya.

Kegiatan dengan tajuk Pemuda Sadar Budaya, Refleksi Malang Lawas ini akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 30 April 2017 mendatang. Acara yang juga menyajikan pentas nusantara tarian daerah ini akan diadakan di Indonesia Old Movie Museum yang berada dijalan Sukarno Hatta no. 45.

“Acaranya ini untuk sarasehannya memang dikhususkan bagi pelajar dan mahasiswa, untuk pertunjukan layar tancapnya untuk semua kalangan. Dan acara ini free gratis alias gak bayar,” tutup Mey. (Knpi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *