Hutan di Gunung Sindoro Terbakar

oleh -300 views

WONOSOBO, beritalima.com – Upaya pemadaman kebakaran hutan yang ada di lereng gunung Sindoro dilakukan yang terjadi sejak Jumat, 7 September 2018 kemarin masih dilakukan.

Menurut Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo mengatakan titik awal api berasal dari Sibajak Kabupaten Temanggung sekira pukul 09.00 Wib.

“”Api tersebut kemudian menjalar masuk wilayah Dusun Sikatok Kecamatan Kejajar sehingga yang terbakar seluas 7 hektar. Pukul 16.30 Wib api tersebut dapat dipadamkan.” Jelas Kabag Ops.


Pada Sabtu dini hari (8/9) api muncul lagi di hutan wilayah Dusun Sikatok Desa Sigedang. “Sekira pukul 02.30 Wib diketahui titik api kembali terlihat dan hingga sekarang yang terbakar seluas 25 hektare.” Tambah Kompol Sutomo.

Api sulit dipadamkan disebabkan luasnya lahan, air juga sulit didapatkan disekitar lokasi, besarnya angin yang bertiup dan masih menggunakan alat manual hingga sekarang tidak ada korban jiwa.

“Sebelumnya langkah antisipasi telah dilakukan dengan membuat tulisan peringatan yang muda dibaca semisal pendaki dilarang meninggalkan api di kawasan hutan dan membakar ranting tanpa sepengetahuan petugas.” Mualimin, petugas pos pendakian Sigedang. (Budi / Nur)