Ibu Mufida Yusuf Kala Borong Batik Jatim

  • Whatsapp
istri wapres RI mufidah jusuf kalla di dampingi istri gub jatim nina soekarwo lakukan kunjungan di gedung galeri batik jawa timur dinas koperasi dan umkm prov jatim senin pagi

JAWA TIMUR, beritalima.com – Istri Wakil Presiden RI Hj. Ny. Mufida Yusuf Kala memborong batik khas Jatim saat mengunjungi Gallery Batik produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dipamerkan oleh Dinas Koperasi Propinsi Jawa Timur di Jln. Juanda Sidoarjo, Senin (25/7).

Dalam kunjungan sekitar satu jam,  istri Wapres ini didampingi Ny H. Nina Soekarwo, MSi  sangat antusias  meninjau  dan melihat  semua stand dari 38 Kabupaten/Kota  yang memamerkan batik-batik dari hasil kerajinan daerah masing-masing. Begitu tertarikanya, sehingga Ny Mufida Yusuf Kalla memborong batik-batik khas Jatim  yang dipamerkan.

Menurut  ibu Mufida Yusuf Kala, batik Jawa Timur sangat banyak macam dan jenisnya, dan mempunyai ciri serta memiliki perbedaan satu sama  lainnya. Kalau dilihat sepintas, memang seperti sama, namun bila dilihat dengan teliti pasti ada specifikasi perbedaannya. “Itulah keunikan batik dari Jawa Timur,” terangnya.

Begitu juga dengan pewarnaannya, satu sama lain sangat berbeda,  ada yang warna mencolok tapi ada juga warna yang dominan dan sangat kalem serta anggun. Meski dengan aneka macam dan corak, batik yang ada di 38 stand masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan harga yang dibandrol di gallery sangat terjangkau mulai dari Rp 75.000,- sampai harga Rp 5.000.000,- tersedia. “ Jadi pembeli tidak usah takut atau khawatir karena semua kebutuhan dan kemampuan pembeli sudah tersedia di gallery ini,” kata Ibu Mufida Yusuf Kala kepada Bude Karwo saat meninjau stand batik  Kab. Madiun.

Kalau Ibu Mufida Yusuf Kala antusias memborong batik, lain lagi dengan Ibu nomor satu di Jatim ini yakni Ibu Nina Soekarwo, dengan lihai dan antusias mempromosikan hasil kerajinan batik khas Jatim kepada tamu istimewanya ini. Beliau sangat rinci, runtut dan gamblang menerangkan satu persatu jenis batik apa, dari mana dan keistimewaan batik dari masing-masing kabupaten/kota yang dikunjungi dan dilihat oleh ibu Mufida yusuf kala. Dengan begitu, tamu istimewa ini serta merta  memborong batik  disetiap stand yang ada di gallery  UMKM.

Paling sedikit  tiga potong batik/stand  yang dibeli  Ibu Wapres, belum lagi para pendamping yang mengikutinya “Pokoknya batik di gallery UMKM Diskop prop. Jatim  laris manis  diborong. Tidak hanya batik saja, produk cindera mata atau souvenir  Dekranasda prop. Jatim juga ikut diborong  seperti tas, kalung dari UKM Pacitan  dan masih banyak lagi lainnya,” tuturnya.

Ikut mendapingi kunjungan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Dekranasda Jatim serta para pengrajin yang ikut memamerkan product di gallery UMKM Diskop Prop. Jatim.(**).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *