Idul Adha 1437 H di Sergai Berlangsung Khidmat

  • Whatsapp

*Berqurban Wujud Kesyukuran Atas Nikmat dan Karunia Allah
Serdang Bedagai
Beritalima-Untuk merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1437 H/2016 M, masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) khususnya umat Islam beramai-ramai memadati Masjid maupun lapangan terbuka untuk melaksanakan Shalat Idul Adha secara berjamaah.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya didampingi Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Plh. Ketua DPRD Drs. Sayuti Nur, M.Pd, Wakapolres Kompol H. Irma Ginting, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Kepala SKPD, Ketua FKUB H. Irfan El Fuadi Lubis, para Camat, Muspika, tokoh agama dan ratusan masyarakat Kecamatan Dolok Masihul secara berjamaah melaksanakan sholat Idul Adha 1437 H/2016 Pemkab Sergai yang dipusatkan di lapangan Martebing Kecamatan Dolok Masihul, Senin (12/9).
Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha 1437 H Faisal, S.Pdi serta khutbah yang diisi oleh Buya Dr. KH.Amiruddin MS.MA.MBA.PH.D menjelaskan bahwa ibadah haji adalah perjalanan spiritual manusia untuk kembali kepada fitrah kemanusiaannya, fitrah manusia itu kerapkali tercampak karena berbagai ambisi kehidupan. Dalam konteks demikian derajat manusia bergeser menjadi makhluk yang lebih hina dari hewan. Padahal sesungguhnya manusia adalah mahluk yang sempurna, namun karena ia tak mampu memaksimalkan kesempurnaan itu akhirnya ia terlempar ketempat yang paling rendah. Seperti firman Allah SWT yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian kami kembalikan dia ketempat yang serendah-rendahnya (Neraka)” (QS.At-Tin/95:4-5. Oleh karenanya manusia hanya bisa hidup sebagai bambu sejati bila ia mampu untuk kembali kepada fitrah semula.
Selanjutnya rangkaian ritual haji pada hakikatnya sebagai upaya untuk merekontruksi perjalanan Nabi Ibrahim bukan hanya Bapak Tauhid yang bertugas membersikan rumah Allah dari berbagai kemusyrikan, melainkan juga uswatul hasanah (Teladan yang baik) dari seorang manusia yang memilih untuk berangkat menuju Allah SWT.
Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya menyerahkan sapi qurban dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai kepada panitia qurban dilokasi yang telah ditentukan untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Secara total untuk Kabupaten Sergai pada peringatan Idul Adha 1437 H menyembelih 951 lembu dan 1078 kambing yang didalamnya termasuk 56 ekor lembu dan 6 ekor kambing dari jajaran Pemkab Sergai.

Gema Takbir Idul Adha

Sebelumnya pada Minggu malam (11/9), Bupati Sergai Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Kapolres AKBP Eko Suprihanto, Plh. Ketua DPRD Drs. H. Sayuti Nur, M.Pd, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, anggota DPRD, Ketua FKUB H. Irfan El Fuadi Lubis, para Kepala SKPD dan Camat Se-Sergai berbaur dengan masyarakat mengumandangkan gema takbir Idul Adha yang dipusatkan di Lapangan Bola Kaki Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Bupati Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya mengatakan bahwa Qurban adalah kewajiban bagi setiap muslim “Qurban mengajarkan kita untuk berbagi kepada sesama dan mengikhlaskan sebagian rezekinya serta menjadi wadah pengampunan dosa dan wujud kesyukuran atas nikmat karunia Allah SWT.

Lebih lanjut disampaikan Bupati dan Wabup Sergai bahwa Gema Takbir dan Sholat Idul Adha dilaksanakan ditempat yang berbeda adalah untuk berbagi khidmat dan kebahagiaan Idul Adha serta juga sebagai bentuk perwujudan Nawa Cita menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat dan memberi perhatian besar dalam pembangunan mulai dari pinggiran.

Acara yang dimeriahkan dengan festival bedug dan takbir serta parade pawai ta’aruf puluhan kenderaan dengan hiasan dan dekorasi bernuansa islami dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sergai dengan tertib mengikuti rute takbiran keliling yang telah ditentukan oleh panitia.(su/s.i)
Teks Photo :Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto SH.SIK.MH..dan Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM bersama unsur FKPD melepas start peserta pawai ta’aruf pada acara Gema Takbir Idul Adha 1437 H/2016 M bertempat di Lapangan Bola Kaki Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Minggu (11/9). (Su/s.i)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *