Inilah Cara BI Jatim Kembangkan UMKM

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SURABAYA, beritalima.com – Ciptakan pengusaha muda kreatif, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bikin program ‘Pengembangan wirausaha industri kreatif (Creativepreneur)’.

Program tersebut dimulai dengan gelaran ‘Kick Off Program Creativepreneur’, pameran produk UMKM kreatif yang langsung diseleksi Tim Desain ITS. Dari hampir 100 UMKM yang ikut akan dipilih 25 UMKM untuk dikembangkan dari sisi desain produk, kemasan, hingga brandingnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A.Johansyah, mengatakan, program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran UMKM mengenai pentingnya aspek desain, branding, hingga strategi pemasaran.

Difi menambahkan, Bank Indonesia mengapresiasi sepak terjang ITS yang sudah banyak melahirkan inovasi desain dan teknologi di tingkat nasional.

Menurutnya, saat ini pelaku UMKM rata-rata sudah cukup baik dalam hal teknis produksi, namun masih lemah dalam menjual keunggulan produknya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pada tahap pengembangan produk, lanjut dia, Bank Indonesia akan memfasilitasi bantuan teknis dalam bentuk pelatihan kewirausahaan kepada UMKM dan mahasiswa.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Selain itu, mahasiswa bisa studi banding, fasilitasi pameran, pembuatan katalog, pelatihan digital marketing dan mentoring teknis oleh tim Dosen Desain Produk ITS.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Output yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya prototype produk kreatif dari setiap UMKM yang terpilih dan munculnya wirausaha-wirausaha baru,” pungkas Difi pada beritalima.com, Jumat (28/9/2018). (Ganefo)

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Teks Foto: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A.Johansyah, saat melihat-lihat gelaran pruduk UMKM di ‘Kick Off Program Creativepreneur’, Kamis (27/9/2018).

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *