Inilah Sensasi Sholat Tarawih Berjamaah di Musholah Darul Falah Laok Jang Jang Kangean

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com| Musholah Darul Falah merupakan salah satu musholah yang terletak di desa Laok Jang Jang kecamatan Arjasa kabupaten Sumenep, Madura. Sejak dibangun pada tahun 1990 setiap bulan suci Ramadhan selalu menggelar sholat tarawih berjamaah.

Berbeda dengan masjid ataupun musholah di tempat lain. Sholat tarawih di musholah Darul Falah, jamaahnya selalu lebih banyak wanita dari pada jamaah laki-laki. Disepuluh hari pertama Ramadhan biasanya jamaah wanita bisa mencapai lima shof, sedangkan jamaah laki-laki hanya satu shof saja.

“Mungkin karena masyarakat disini kaum adamnya banyak yang bekerja di negeri jiran, sehingga sedikit sekali yang datang untuk sholat jamaah di sini,” ungkap Fachri selaku ketua takmir Darul Falah, Minggu 26/5/19.

Biasanya lanjut Fachri ,menjelang hari raya, jamaah laki laki semakin bertambah banyak dan jamaah wanita semakin sedikit. Itu karena warga yang bekerja di luar negeri sudah mulai banyak yang datang untuk berhari raya bersama anak dan istri di kampung halaman.

Setiap malam yang bertindak sebagai imam sholat tarawih dipilih ustad yang sudah hafal Alquran dengan cara mengundang dari pondok pesantren.

” Untuk sholat tarawih kami selalu mengundang imam dari pesantren al Mohibbin dan pesantren Attaqwa. Hal tersebut dilakukan agar jamaah lebih khusyu’ dalam melaksanakan sholat tarawih ,” ujar Fachri.

Selain selalu mengundang imam dari pesantren, upaya takmir memanjakan jamaahnya juga dengan cara melengkapi musholla Darul Falah dengan pendingin ruangan berupa AC.

” Jadi walaupun bacaan imam selalu panjang panjang, tapi jamaah tidak merasa gerah dan lelah karena di dalam musholla terasa sejuk bahkan tak sedikit jamaah yang merasa kedinginan ,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja. setelah sholat tarawih, sebelum pulang ke rumah masing masing para jamah juga di disediakan makanan ringan dan air mineral.

” Untuk makanan ringan seperti tahu isi, onde onde dan lainnya itu yang bawa jamaah perempuan secara bergantian,” pungkasnya.

Salah seorang jamaah yang setiap malam ikut sholat berjamaah di Darul Falah, Sam’un Al Gozy mengungkapkan rasa senangnya sholat berjamah di musholla Darul Falah.

” Walaupun rumah saya agak jauh dari mushollah ini, tapi saya selalu sholat tarawih berjamaah disini. Karena sholat di sini menyenangkan. Selain tempatnya sangat bersih, ruangannya juga terasa sejuk. Jadi terasa sholat di daerah pegunungan ,” ungkap Gozy kepada media beritalima.com. [fac]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *