Innalilahi Wainnailaihi Roji’un KH Buchori Amin Wafat Saat Ceramah di Ponpes Ishlahiyah

  • Whatsapp

KABUPATEN MALANG, beritalima.com– Warga Nahdliyin Kabupaten Malang kembali berduka. Pasalnya, KH Buchori Amin, Wakil Rais Syuriah PCNU Malang, telah kehilangan sosok tegar, pemberani, singa podium dari Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Beliau wafat saat ceramah agama dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah, Singosari, Kabupaten Malang, pada pukul 14.30 WIB, Sabtu (15/12/2018).

Kabar berikut videonya terus menyebar di grup WA. Tampak Kiai Buchori Amin saat dalam keadaan ceramah agama, di saat duduk di atas kursi diatas pentas di Ponpes Al-Ishlahiyah, Singosari. Acara tersebut dihadiri ribuan jamaah dan santri di Ponpes. Acara Maulid Nabi Muhammad SAW bertema “Nabi Muhammad Teladan Sejati”.

Acara ini dalam rangka Wisuda Madrasah Diniyah Al Ishlahiyah Singosari, Kabupaten Malang. Kata terakhir yang beliau sampaikan dalam ceramahnya hingga menghembuskan nafas terakhirnya adalah “Nuli bejo… Nuli Bejo.. Wong sing gak tau kepetuk aku…” (Sungguh beruntungnya, orang yang tidak pernah bertemu saya),” kata terakhir Kiai Buchori.

Di atas kursi, di atas pentas, mendiang diduga hanya pingsan dan langsung dilarikan ke Muslimat Medical Center Singosari. Namun, sudah tidak bisa diselamatkan. Kiai Buchori berpulang ke rahmatullah. Saat dilarikan ke Muslimat Medical Center Singosari, KH Tholhah Hasan, ikut mendampinginya.

Menurut Fathul Wahab, Ketua Panitia Maulid Nabi di Ponpes Al Ishlahiyah, belum 30 menit ceramah, Kiai Buchori sudah pingsan diatas kursi di panggung. “Beliau Mauidhah belum ada 30 menit, kemudian mik yang dipegangnya terjatuh. Kemudian dibawa ke Klinik Rawat Inap Muslimat Singosari,” katanya.

Almarhum, katanya Fathul Wahab, dinyatakan wafat ketika masih di acara. “Saat itu kebetulan ada wali santri yang perawat, sudah mengecek kondisi Kiai Buchori dan sudah dalam kondisi meninggal dunia,” katanya.

“Kami sangat berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya KH Buchori Amin. Beliau Wakil Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang. Kami sangat kehilangan sosok Kiai Buchori Amin yang pemberani, istiqamah dalam bernahdlatul ulama,” kata Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Syadad, dilansir dari timesindonesia.co.id

KH Buchori Amin kata Husnul, wafat ketika sedang ceramah acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Ponpes Al Islahiyah Singosari. “Di zamannya dulu, ketika orde baru beliau dikenal sebagai singa podium di kalangan warga NU dan masyarakat di Malang,” jelas Husnul.

Semoga seluruh amal baik beliau diterima disisi-Nya, kekhilafannya diampuni Allah swt. dan seluruh keluarga diberikan ketabahan.

sumber: timesindonesia.co.id

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *