Istri Bupati Madiun Dinobatkan Sebagai Bunda Baca

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Ny Penta Lianawati, yang juga istri Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, dinobatkan sebagai “Bunda Baca” Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat 14 Desember 2018.

Pengukuhan ini, bersamaan dengan work shop minat baca dengan tema “Kabupaten Madiun Mendongeng”, dengan mengundang Kak Seto, di Pendopo Muda Graha, Pemkab.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun, Ir. Eko Yunianto, Msi, acara ini dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca dengan cara mendongeng dan dalam rangka meningkatkan indek minat baca di Kabupaten Madiun.

Sementara itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, mengatakan, selain pengukuhkan Bunda Baca, juga dikukuhkan duta baca tingkat SD dan SMP.

“Kita berikan selamat, mudah-mudahan Kabupaten Madiun mempunyai minat baca yang tinggi,” ucap H. Ahmad Dawami.

Warisan terbaik untuk anak, lanjutnya, adalah ilmu. Bisa punya ilmu, karena mempunyai hobi membaca. Membaca merupakan kebutuhan dasar anak-anak.

“Jadi minat baca anak-anak ini tergantung orang tua. Hobi membaca ini juga menentukan nasib bagi anak-anak itu sendiri. Mudah-mudahan ini menjadi momen, bahwa membaca itu merupakan kebutuhan anak-anak,” tuturya.

Bupati juga berharap, anak-anak menjadi generasi bangsa yang bisa dihandalkan seperti yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 yang menyebutkan, tujuan pendidikan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Terkait anggaran, Kabupaten Madiun untuk anggaran pendidikan di tahun 2019 dinaikan menjadi 22,12%. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemajuan pendidikan. “Kita harus bersama-sama dalam mewujudkan pendidikan yang baik di kabupaten madiun,” pintanya.

Bupati juga menyampaikan, belajar itu harus bahagia. Kemudian isi anak-anak-anak didik dengan pengetahuan yang baik.

“Kita ciptakan kader-kader baik, jauh dari narkoba, korupsi, radikalisme dan lainnya. Jadikan mereka yang peduli terhadap kebudayaan,” tandasnya. (Rohman/Dibyo).

Ket. Foto: Ny Penta Lianawati (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *