Jadikan 4 Pilar Kebangsaan Sebagai Ideologi Dan Landasan Hidup Bermasyarakat

  • Whatsapp

Wabup Sergai Darma Wijaya tengah menerima cenderamata dari Anggota MPR RI Drs. Sirmadji, M.Pd disela-sela acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang bekerjasama dengan MPR RI dan BPC HIPMI Sergai  di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.


Serdang Bedagai, Beritalima.com– Nilai-nilai ideologi kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan kiranya Pancasila dapat diterapkan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang dapat kita gunakan sebagai prinsip dan nilai-nilai yang jadi karakteristik masyarakat Indonesia.

“Begitu juga dengan UUD 1945 dalam fungsinya sebagai konstitusi negara, pembukaan UUD 1945 menjadi acuan dalam melaksanakan program-program pembangunan, sumber kekuasaan, HAM, sistem demokrasi, faham kebersamaan dan kegotongroyongan yang intinya menjadi dasar bagi seluruh sistem pemerintahan, sistem politik, sistem ekonomi, sistem ketatanegaraan dan sistem lainnya,” papar Wakil Bupati Serdang Berdagai (Sergai) Darma Wijaya dalam sambutan pembukaab Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang bekerjasama dengan MPR RI dan BPC HIPMI Sergai  di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (15/12).

Sementara itu NKRI menurut Darma Wijaya adalah sebuah konsepsi bangsa Indonesia akan keberadaan/kondisi negara Indonesia dalam bentuk kewilayahan/kepulauan.  NKRI adalah kedaulatan bangsa Indonesia harus senantiasa dijaga dan dipertahankan prinsip bela negara untuk menjaga NKRI dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.

“Sedangkan Bhineka Tunggal Ika dapat menjadi semboyan sekaligus prinsip negara yang sekaligus berfungsi sebagai prajurit persatuan dan kesatuan membangun bangsa yang menghargai pluralitas dan keberagaman. Oleh karenanya keberadaan 4 pilar harus terus dipertahankan, dijaga dan dipelihara karena merupakan ideologi bangsa yang melandasi sistem keyakinan yang berisi konsep, prinsip dan nilai yang dianut oleh rakyat Indonesia sebagai kekuatan untuk dipergunakan sebagai landasan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkap Darma Wijaya.

“Menyoal tentang pemuda, kita harus dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu mari kita tanamkan rasa memberi upah bukan menerima upah. Dengan cara seperti ini kita tumbuhkan rasa nasionalisme yang dapat mepersatukan bangsa Indonesia sehingga tidak ada lagi perpecahan,” lanjutnya.

Dengan adanya sosialisasi 4 pilar ini, Wabup berharap para peserta dapat mengimplementasikannya kepada masyarakat Sergai dalam melaksanakan tugas sehari-hari. “Harapan saya visi untuk mewujudkan Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dapat direalisasikan bersama,” pungkas Wabup Darma Wijaya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota MPR RI Drs. Sirmadji, M.Pd, Ketua BPC HIPMI Sergai Muhammad Ziad Ananta, S.Sos, M.Si, Kakan Kesbang Polinmas Drs. Purba Siregar, para pengusaha muda Sergai, pelajar, masyarakat serta undangan lainnya.

Sebelumnya Ketua Panitia penyelenggara Murti Anugerah, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa jajaran pemuda khususnya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sergai akan terus menjaga keutuhan NKRI dari rongrongan yang ingin memecah kesatuan dan persatuan Indonesia.

Sedangkan Ketua BPC HIPMI Sergai Muhammad Ziad Ananta, S.Sos, M.Si mengutarakan sebagai pemuda kita harus memperkokoh rasa nasionalisme serta memiliki pengetahuan. HIPMI juga memiliki hasrat yang besar dan berharap jiwa nasionalis para pelajar dan pengusaha muda tumbuh subur didalam jiwa.
(siti/sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *