Jelang HUT ke-23 Kota Kupang, Dispora gelar lomba karya tulis ilmiah bagi siswa

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang yang ke – 23 tahun 2019, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora ) Kota Kupang menggelar lomba Kreasi dan Karya Tulis Ilmiah bagi siswa SMA/SMK se – Kota Kupang, Jumat (5/5).

Kegiatan ini mengangkat tema ” kontribusi pemuda sebagai pendamping kebijakan pembangunan pemerintah kota Kupang dalam menyambut tantangan peluang, harapan dan Potensi Pemuda Kota Kupang”.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasa kemampuan potensi siswa dalam hal menilis karya ilmiah.

Acara yang berlangsung di aula Sasando, lantai 3 kantor Wali Kota Kupang tersebut, diikuti 14 tim dari sembilan SMA/SMK di Kota Kupang dengan mata lomba 15 karya dari masing – masing tim.

” Peserta lomba yaitu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kupang, SMKN 1 Kupang, SMKN 2 Kupang, SMAN 1 Kupang, SMA Katolik Giovani Kupang, SMAN 2 Kupang, SMAN 6 Kupang, dan SMAN 4 Kupang. Dengan jumlah tim dua hingga tiga tim,” kata Ketua Panitia, Drs. Ambo dalam laporannya saat pembukaan kegiatan lomba Kreasi dan Karya Tulis Ilmiah.

Menurut Ambo, lomba ini memperebut hadiah sebesar Rp 31.500.000, yaitu juara I Rp 8 juta, juara II Rp 7 juta, juara III Rp 6,5 juta, juara IV Rp 4,5 juta, juara V Rp 3,5 juta, dan jauara VI Rp 3 juta. Selain itu, para peserta lomba tersebut juga diberikan piagam penghargaan.

Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Pius Rasi mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang yang menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka HUT Kota Kupang. “ Ini juga dalam rangka program literasi. Dimana program literasi ini tidak hanya membaca tapi juga menulis,” kata dia.

Menurut Pius Rasi, mulai tahun pelajaran baru ini setiap siswa yang naik kelas akan diwajibkan karya tulis. Itu salah satu kegiatan yang mendorong siswa untuk lebih membaca dan menulis. “ Mulai tahun pelajaran baru ini kita akan keluarkan surat edaran semua SMA/SMK se-NTT. Ini langkah – langkah yang betul – betul positif yang diambil oleh Dispora Kota Kupang yang sudah mulai star, dan diharapkan sekolah – sekolah lain juga mengambil bagian dalam kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man dalam sambutanya, menyampaikan kepada Dispora Kota Kupang yang menggelar kegiatan ini.

” Anak harus dibiasakan membaca kalau sudah biasa membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan,” kata Herman Man menambahkan. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *