Jelang Ramadhan Haram Puasa, Benar kah?

  • Whatsapp

Oleh Dr. Moh. Mukhrojin, M.Si
Penyuluh Agama Islam Kota Surabaya, Pengasuh Pesantren Bismar Almustaqim

Banyak beredar diakalangan masyarakat kita katanya kalau puasa menjelang datangnya bulan suci ramadhan tidak boleh alias haram, benarkah itu? Memang ada sebuah hadist yang berbunyi:
إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلاَ تَصُومُوا
“Jika tersisa separuh bulan Sya’ban, janganlah berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 738 dan Abu Daud no. 2337).

Hadits ini tidak menunjukkan keharaman. Ditambah lagi hadits tersebut adalah hadits dho’if. Imam Ahmad telah mengingkari hadits tersebut namun ulama lainnya ada yang menshahihkan atau menghasankannya, serta dijadikan juga sebagai dalil. … Namun yang tepat masih tetap boleh berpuasa setelah pertengahan Sya’ban sampai satu atau dua hari sebelum Ramadhan.” (Fathu Dzil Jalali wal Ikram, 7: 23).

Bolehnya puasa menjelang ramadhan karena banyak hadist yang menganjurkan berpuasa dibulan Sya’ban sebagaimana yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha:
لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR. Bukhari no. 1970 dan Muslim no. 1156).

Apalagi yang bagi orang yang sudah terbiasa puasa senin kamis atau Daud maka masih bisa mengerjakan puasa menjelang Ramadhan, sebagaimana Hadist Nabi:
لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدٌ الشَّهْرَ بِيَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ إِلاَّ أَحَدٌ كَانَ يَصُومُ صِيَامًا قَبْلَهُ فَلْيَصُمْهُ
“Janganlah kalian mendahului Ramadhan dengan berpuasa satu atau dua hari sebelumnya, kecuali bagi seseorang yang terbiasa mengerjakan puasa pada hari tersebut maka puasalah.” (HR. Abu Daud no. 2335, An Nasai no. 2173, Tirmidzi no. 687 dan Ahmad 2: 234.)

Jadi puasa menjelang ramadhan dibolehkan bagi orang yang punya kebiasaan puasa senin kamis, atau Daut ataupun yang hendak menunaikan Qadha’ puasa.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait