Kabandiklat: Pelatihan Dasar CPNS Untuk Pengembangan Karir

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Dalam rangka membentuk nilai-nilai Dasar Profesi PNS (Pegawai Negeri Sipil) melalui Kompetensi inilah yang kemudian berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak Professional dalam melayani masyarakat.

Hal tersebutkan di tegaskan Kabandiklat Kejagung RI, Setia Untung Arimuladi saat menutup Upacara Diklat Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Gelombang II Angkatan IV, V, VI dan VII di lapangan Badiklat, Selasa (17/9).

Latsar Golongan III Gelombang II tersebut di ikuti sebanyak 160 peserta yang berasal dari Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia.

Upacara penutupan di awali dengan penyerahan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) kepada dua perwakilan peserta.

Dalam kesempatan ini, Kaban Diklat memberikan penghargaan kepada 20 peserta dari masing masing Angkatan di ambil 5 peserta yang terbaik.

Dijelaskannya, tujuan Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS golongan III adalah membentuk PNS Professional yang Karakternya dibentuk oleh nilai-nilai Dasar Profesi PNS yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi, hal tersebut menjadi acuan dan pondasi dasar dalam membentuk Karakter ASN yang berdaya saing dan kompeten untuk menyambut cita-cita ASN berkelas dunia.

Kaban Diklat mengungkapkan, dalam Pelatihan Ini telah terjadi Proses Transfer Pengetahuan, Sharing Pengalaman Dan Bersinergi Dalam Kelompok, Serangkaian Interaksi Yang Saling Mendukung Dan Menguatkan Komitmen Sebagai Aparatur Negara.

“Dalam Konteks Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, Pelatihan Dasar CPNS hendaknya bukan sekedar sebagai tahap yang dilalui hanya untuk mengubah status CPNS menjadi PNS, akan tetapi Pelatihan ini merupakan awal bagi serangkaian perjalanan dan Perkembangan karier masa depan,” ujar Kaban Diklat Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi. 

Tambahnya, nilai-nilai yang telah terjalin dalam pelatihan dasar ini sebagai bekal untuk menjadi ASN yang professional, terampil, memiliki keterampilan dan Kemampuan dalam menjalankan masing-masing tugas dan fungsinya,” ujarnya.

“Diharapkan saudara-Saudara tidak hanya Memiliki Kompetensi sesuai tugas dan nilai-nilai dasar profesi PNS, namun hendaknya dalam diri saudara-saudara juga terpatri sikap perilaku yang terpuji, jujur, taat asas, berkomitmen dan memiliki kemampuan nerespon aspirasi dan nilai-nilai keadilan yang hidup dalam masyarakat dengan tetap berpegang pada kepatuhan terhadap hukum serta mengamalkan nilai-nilai Tri Krama Adhyaksa,” tuturnya lagi.

Hadir dalam penutupan Diklat Latsar, Sekretaris Badan Diklat, para Kapusdiklat, pejabat eselon III , IV dan sejumlah Jaksa Fungsional.

Mengakhiri sambutannya, Kaban Diklat menyampaikan pbeberapa Penekanan yang wajib untuk di Pedomani oleh para Alumni Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV, V, VI dan VII Tahun 2019 sebagai berikut:

Pertama: Jadikan Keimanan Dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa Sebagai Landasan Moral Dalam Berpikir, Bersikap, Dan Bertindak.

Kedua: Manfaatkan Hasil Pendidikan Dan Pelatihan Yang Telah Diperoleh Seoptimal Mungkin, Dan Terus Tingkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Dengan Budaya Belajar Dan Berlatih.

Ketiga: Tumbuh Kembangkan Semangat Jiwa Korsa Diantara Sesama Rekan, Dan Jaga Soliditas Demi Terciptanya Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.

Keempat: Pegang Teguh Dalam Melaksanakan Tugas, Dengan Sikap Dan Perilaku Yang Memiliki Integritas, Kreatif, Inovatif, Dan Progresif.

Kelima: Tanpa Kerja Keras, Disiplin, Tangguh, Loyal, Berdedikasi Dan Semangat Akan Sulit Untuk Menjadi Seorang Profesional Yang Terbaik.

Sebagai penutup, Kaban Diklat yang juga sebagai Ketua Umum PJI (Persatuan Jaksa Indonesia) berharap kepada seluruh peserta Latsar, apa yang telah di Peroleh di Badan Diklat ini semoga dapat Bermanfaat Dalam Pelaksanaan Tugas masing-masing.
“Tetap Jaga Idealisme Untuk Menjadi Insan Adhyaksa Yang Ber Tri Krama Adhyaksa, Beranilah Menjadi Benar Meskipun Sendirian,” pesan Kang Untung panggilan akrabnya dengan kalangan Insan Pers, juga di kenal dekat dengan wartawan ini menutup kata sambutannya. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *