Kabupaten Madiun Raih Penghargaan Parahita Ekapraya

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kabupaten Madiun, Jawa Timur, meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya, dari Pemerintah Pusat, Rabu 19 Desember 2018.

Penghargaan ini, diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise dan diterima Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, mewakili Pemerintah Kabupaten Madiun, di Istana Wakil Presiden RI.

Menurut Kepala Dinas PPKB PPA Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah, untuk mendapatkan penghargaan ini, Kabupaten Madiun harus melalui tahapan penilaian selama dua tahun, mulai awal 2017-2018.

“Pada penghujung penilaian, juga telah dilaksanakan evaluasi dan sinkronisasi program kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Madiun dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” terang Siti Zubaidah.

Sementara itu, Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, mengatakan, terkait penerimaan penghargaan ini, perhatian Pemerintah Kabupaten Madiun terhadap peranan kesetaraan gander sudah diwujudkan.

“Dengan menerima penghargaan ini, Kabupaten Madiun sudah ada kesetaraan. Salah satunya beberapa pimpinan OPD sudah dipimpin oleh perempuan dan juga ada beberapa yang memimpin kegiatan-kegiatan. Kedepan, kita tidak akan membedakan antara perempuan dan laki-laki. Ini wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Madiun terhadap peranan perempuan dalam kegiatan,” terang H. Hari Wuryanto.

Menteri PPPA, Yohana Yembise, menjelaskan, penghargaan APE, merupakan sebuah bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah yang telah berupaya serta berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Sejak tahun 2004, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG),” tutur Yohana.

Pemberian penghargaan APE, lanjutnya, terdiri dalam 4 kategori,. Diantaranya kategori Pratama yang diberikan kepada dua provinsi dan kategori Madya diberikan kepada 44 kota/kabupaten.

“Melalui pemberian penghagaan APE ini, diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia,” ujarnya.

Yohana juga berharap, semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Hari Wuryanto (kiri) Yohana (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *