Kades Buya Kembalikan Temuan DD Rp 70 Juta Sekian

  • Whatsapp

Machaful Sasmito Inspektur Pembantu (Irban III) Inspektorat Kepulauan Sula
KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Kepala Desa Buya,Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) mengembalikan uang Rp 70 juta lebih ke Inspektorat. Hal ini setelah Audit Inspektorat terkait DD Desa Buya tahun 2018 lalu.

Inspektur Pembantu (Irban III) Inspektorat Kepulauan Sula, Machaful Sasmito saat diwawancarai, beritaLima,com diruang kerjanya, mengatakan, uang Rp 70 juta sekian tersebut saat ini sudah di kembalikan oleh kades kepada Inspektorat dan Inspektorat sudah serahkan kepada kejaksaan, “ungkap Machaful.

Lanjut Machaful, Temauan dan hasil audit kita sudah ditindaklanjuti dan dikembalikan secara penuh oleh Kades Desa Buya kepada Inspektorat dan Laporan Inspektorat sudah kita sampaikan kejaksaan.

Disampaikan, temuan 70 Juta sekian dari hasil audit tersebut telah melalui tahapan panjang. Termasuk melakukan pemeriksaan serta melakukan pengecekan fisik pembangunan tahun 2018 tersebut ke desa. Namun, pengecekan tidak menyertakan tenaga ahli melainkan berdasarkan tim saja. Serta diperkuat dengan pengakuan dari terperiksa beberapa bulan lalu.

“Temuan ini berasal dari pembangunan fisik di desa tersebut,” ujarnya singkat.

Sementara itu, sekalipun sudah dikembalikan. namun Inspektorat tetap akan melakukan pengawasan dan memonitor atas pembangunan fisik di Desa Buya tersebut.

Termasuk akan memberikan pendampingan agar tidak lagi terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran pembangunan yang bersumber dari dana desa (DD), “Kita tetap pantau dan memberikan pendampingan agar tidak salah kembali,”ujar Machaful. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait