Kadisdik Sumenep Buka O2SN SD dan Yang Sederajat

  • Whatsapp
Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep DR.Muhammad Saidi,M.Pd.,MM. saat membuka O2SN bagi SD dan yang sederajat tingkat KabupatenTahun 2019

SUMENEP, beritaLima – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, DR.Muhammad Saidi,M.Pd.,MM. membuka secara resmi pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 tingkat Kabupaten, untuk siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat, di halaman Disdik setempat, Kamis (11/04/2019).

“O2SN tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini, Kamis – Sabtu (11-13 April 2019), yang dipusatkan di GOR A. Yani Pangligur, Sumenep,” kata Plt Kepala Disdik Kabupaten Sumenep, Muhammad Saidi.

Ia menuturkan, pelaksanaan O2SN ini untuk mencari bibit olahragawan siswa tingkat SD sederajat selama tiga hari.

“Lomba O2SN tahun 2019 tingkat Kabupaten ini sengaja dilakukan bagi siswa SD sederajat. Tujuannya untuk mencari bibit berkualitas sekaligus membina dan mempersiapkan olahragawan profesional menuju tingkat Nasional maupun Internasional,” paparnya.

Tujuan lain dibinanya para peserta didik terbaik dalam menghadapi O2SN secara serius, lanjut Saidi, guna mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri yang tinggi, dan jiwa bertanggungjawab.

“Termasuk untuk memupuk nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini di lingkungan sekolah, serta membudayakan hidup sehat dengan gemar berolahraga,” tegas mantan Dosen STKIP PGRI Sumenep ini.

Adapun jenis lomba yang diperlombakan, ada sekitar lima jenis cabang olahraga, yang pesertanya berasal dari utusan terbaik 27 Kecamatan di ujung timur pulau Madura dari kelas IV hingga kelas V SD sederajat.

Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi lomba Kids-Athletiks, Renang, Bulu Tangkis, Karate hingga lomba Pencak Silat.

“Alhamdulillah lomba O2SN tahun ini bisa diikuti oleh seluruh perwakilan Kecamatan baik daratan maupun Kepulauan terjangkau Sumenep,” ujarnya.

Dari hasil seleksi yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, nantinya akan dilakukan pembinaan intensif untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur Juli 2019 mendatang.

“Yang menang nantinya, akan dilakukan pembinaan lanjutan untuk menghadapi lomba di tingkat Jawa Timur pada Juli mendatang,” tambahnya.

Sejak awal terselenggaranya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional pada 2006 silam, Kabupaten Sumenep telah dua kali menorehkan prestasi dengan menjuarai tingkat nasional.

“Kami masih yakin tahun ini siswa Sumenep akan kembali berprestasi di O2SN tingkat nasional. Dan mudah-mudahan bisa sampai internasional,“ tukasnya.

Sementara Pembukaan O2SN itu diwarnai penampilan drum band berprestasi Gita Lermata dari SDN Saronggi 1, yang telah menyukseskan HUT Polri pada kegiatan Polda Jatim tahun 2018 di Bakorwil IV Madura Pamekasan.

(Mc/ An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *