Kakanwil Kemenkumham NTB Kunjungi Rutan Bima

  • Whatsapp

Bima NTB – Berita lima,
Memasuki hari ke 11 di Bulan Ramadhan 1437 H. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB yang diwakili oleh Kepala Divisi (Kadiv.) Pemasyarakatan Drs. Subiyantoro, BC.IP, MM beserta para Pejabat Pengawas melaksanakan Kegiatan Safari Ramadhan sekaligus buka puasa bersama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bima, rabu (22/6/2016). Kadiv Pemasyarakatan beserta rombongan disambut oleh Kepala Rutan Bima, A.Halik, S.Sos dan Pejabat Struktural. Dalam Laporan Kegiatan Bulan Ramadhan Di Rutan Bima, Karutan, A.Halik, S.Sos menjelaskan, “Pelaksanaan kegiatan bulan suci Ramadhan 2016 dari awal puasa, Buka Bersama dengan WBP secara bergantian setiap bloknya, Pesantren Ramadhan, Jadwal Tarawih yang dilanjutkan dengan tadarusan, sampai dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri.
Pada kesempatan itu, Al Ustadz Islamuddin dalam ceramahnya dihadapan para Napi dan Tahanan bahwa kedatangan Bulan Ramadhan merupakan penghibur hati bagi orang Mukmin dikarenakan banyaknya keutamaan berupa : pahala yang dilipat gandakan dan pintu ampunan terbuka seluas – luasnya dalam dimensi ruang dan waktu. Kegiatan Safari Ramadhan merupakan momentum dalam menyambung tali silaturahmi dan instropeksi diri tentang amal perbuatan yang kita lakukan selama ini sehingga di Bulan Ramadhan kita semua berupaya mendekatkan diri kepada Alloh SWT memohon ampunan terhadap dosa dan kesalahan yang kita perbuat selama ini. Lanjutnya, Inti dari pelaksanaan Ibadah Puasa adalah merasakan lapar dan hausnya orang miskin. Dengan puasa dapat merajut kebersamaan sehingga tidak ada kesenjangan, tidak ada perbedaan, status antara yang kaya maupun miskin oleh karena itu di Bulan Ramadhan ini Kaum Muslimin diperintahkan Alloh SWT untuk berpuasa sehingga terwujudnya kebersamaan dan kepedulian antara si kaya dan miskin maupun muslim yang sukses dan gagal sehingga terwujudnya masyarakat yang damai dan bahagia secara bersama – sama.
Usai ceramah dilanjutkan sholat magrib berjamaah dan berbuka puasa bersama. Malam hari dilanjutkan dengan acara Safari Ramadhan Kadiv Pemasyarakatan dan rombongan dihadapan pegawai dan ratusan penghuni Rutan Bima. Kadiv. Pemasyarakatan Subiyantoro menyampaikan bahwa dalam kaitannya dengan bimbingan rohani di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bima ini relatif cukup baik. Kadiv. Pemasyarakatan menyampaikan rasa terimakasih kepada Instansi di daerah. Ia pun juga menghimbau kepada seluruh petugas di Rutan Bima agar meningkatkan kinerja dalam bertugas serta selalu waspada”. (B5 – SUKUR)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *