Kaku Bahu vs Nyeri Bahu

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh,
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Nyeri bahu & Kaku bahu adalah kedua peristiwa yang terjadi sehari hari dalam kehidupan kita namum su,it dibedakan apa itu KKu bahu atau Nyeri bahu ,perlu kita jelasin apa itu nyeri bahu dan kaku bahu Suatu hari PakCik Ong sehabis angkat pot bunga mengeluh kaku bahu lalu diolesi olleh minyak CounterPain sembuh tak lama timbul lagi namum si Budi yang muda belia mengeluh nyeribahu setelah dia melakukan olahraga ekstra berat, lalu diolesi minyak GPU sembuh jadi apa perbedaab nyeri bahu dan kaku bahu.
Nyeri bahu dan Kaku Bahu selalu dianggap sama , pada hal terdapat perbedaan yang nyata dari kedua keadaan. Kami yakin n percaya kita pasti pernah mengalami kondisi apa itu nyeri bahu atau kaku bahu, mari kira bahas bersama……

Bahu terdiri dari persendian bola dan soket yang memiliki jangkauan pergerakan terbesar dari semua sendi dalam tubuh. Persendian ini terdiri dari tulang lengan atas, tulang belikat atau pisau bahu ,tulang selangka. Persendian ini juga memiliki banyak otot, tendon, dan ligamen yang memegang sendi bersama-sama. Bila gangguan pada persendian bahu bisa membuat kita srngsara seperti tak bisa angkat lengan ,memakai baju harus minta bantuan orang, tak bisa menyentir mobil harus minta bantuan,Pokoknya segala aktifitas kita terganggu total.Kami yakin setiap orang tak luput mengalami kondisi trauma di bahu seperti sehabis main golf,olahraga angkat besi dll
Olahraga ,keseleo maupun terbentur kerasdi bahu.Trauma bahu ada 2 jenis
1.Nyeri bahu
2.Kaku bahu
Kedua ini seolah olzh disnggap sama tapi dalam perjalanan penyakit berbeda sekali

SHOULDER PAIN /NYERI BAHU
adalah rasa nyeri yang mempengaruhi satu atau kedua bahu. Kondisi ini digolongkan berdasarkan tempat, penyebab, tingkat keparahan, dan beberapa faktor lainnya
Dalam kasus cedera, gejala nyeri bahu dapat pergi setelah beberapa minggu. Namun, jika rasa sakit Anda tidak disebabkan oleh cedera, tiba-tiba, dengan gangguan yang meningkat, telah mengganggu Anda untuk sementara waktu, menghambat Anda melakukan kegiatan normal Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

TANDA- TANDA
1.Kaku pada leher dan bahu,
2.Gerakan bebas bahu dan leher tertahan,
3.Sakit kepala,
4.Kebas atau baal,
5.Dingin di daerah lengan sampai ke ujung tangan,
6.Perubahan warna pada kulit,
7.Bengkak di daerah sekitar puncak, bahu, dan leher.

PENYEBAB
1.Kelelahan atau ketegangan
2.Tendonitis akibat kegiatan yang berlebihan (overuse)
3.Keausan akibat penuaan
4.Luka memar
5.Dislokasi atau terlepas dari sambungan
6.Ketidakstabilan sendi

Penyebab paling sering dari nyeri bahu timbul dari cedera, yang dapat dengan mudah diperoleh saat jatuh, pukulan ke bahu atau lengan atas, memutar, membungkuk, atau perlepasan sambungan bahu. Kondisi ini sering terjadi selama kerja atau kegiatan olahraga dan kecelakaan

DIAGNOSA PENUNJAANG
1.Rontgen : untuk menentukan apakah ada pelepasan sambungan (dislokasi) atau ketidakstabilan.
2 MRI – membedakan penyebab apakah saraf, tendon, dan ligamen
3.Myelography ( CT scan) bisa mendapatkan apa yang MRI dapat, dan sering digunakan sebagai pilihan lain untuk memastikan hasil MRI.
4. Elektromiografi (EMG) – Ini, bersama dengan tes kecepatan pengantaran saraf atau tes NCV, dapat digunakan untuk mendiagnosa penyebab nyeri, mati rasa, dan kesemutan di bahu.

Pengobatan :
1,Obat anti peradangan (antiinflamasi)
2.Pelemasan otot
3.Antidepresan
4.Kortikosteroid lokal – Kortikosteroid lokal dapat disuntikkan ke dalam sendi. Perawatan ini lebih sering digunakan untuk mengobati radang sendi di bahu.
Selain obat-obatan, ada kasus dimana tindakan bedah mungkin diperlukan. Ini sering melibatkan kasus-kasus dimana saraf terkena.

Selama masa nyeri, memberikan kompres es ke daerah yang terkena bisa mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Kompres dingin dianjurkan setidaknya tiga kali sehari, dengan masing-masing pengkompresan berlangsung selama 10 hingga 20 menit. Jika bahu terluka, kantung es harus segera digunakan dan kegiatan tertentu yang dapat memperparah pembengkakan harus dihindari. Hal ini termasuk mandi air panas dan minum minuman beralkohol. Panas dapat diterapkan hanya jika pembengkakan mereda.
==============
FROZEN SHOULDER /KAKU BAHU
Frozen shoulder atau adhesive capsulitis adalah gangguan berupa rasa nyeri dan kaku di area bahu. Kondisi ini menyebabkan terbatasnya pergerakan bahu hingga terkadang tidak dapat digerakkan sama sekali. Frozen shoulder umumnya muncul dan memburuk secara bertahap, serta dapat berlangsung selama 1-3 tahun.
Kaku bahu atau frozen shoulder adalah nyeri pada bahu yang membuat bahu sulit digerakkan, atau gerakannya terbatas. Ruang di dalam sendi bahu mengecil secara bertahap.
Kaku bahu (Frozen shoulder ) tdd :
Tahap I ( freezing stage.)
Bahu mulai terasa nyeri tiap digerakkan dan pergerakan bahu mulai terbatas. Periode ini biasanya berlangsung 2-9 bulan.
Tahap 2 ( frozen stage)
Nyeri mulai berkurang, namun bahu menjadi makin kaku atau tegang sehingga sulit digerakkan. Periode ini bisa berlangsung selama 4 bulan hingga 1 tahun.
Tahap 3( thawing stage) Pada periode ini, kondisi dan gerakan bahu mulai membaik. Tahap ini umumnya terjadi dalam 1 hingga 3 tahun.

TANDA-TANDA
1.rasa sakit di sekitar daerah bahu, dimulai pada tulang sendi bahu dan menyebar ke area sekitarnya, termasuk tulang belikat dan klavikula.
2.rasa sakit dapat menyebar ke otot-otot lengan. Anda terus-menerus mengalami sakit, bahkan pada saat istirahat dan pada malam hari.
3. kemampuan bergerak menjadi lebih terbatas, misalnya,sulit untuk mengangkat lengan.

PENYEBAB
Penyebab frozen shoulder belum ditemukan?
1. bisa disebabkan kaeena idak bergerak sendi bahu untuk waktu yang lama, seperti ketika mengenakan perban dan gips setelah cedera, setelah operasi, atau patah lengan.
2. pada orang yang mengidap diabetes.stroke,TBC,Penyakit gondok,parkinsonndll

Siapa yang beresiko terkena Kaku Bahu (frozen shoulder )
1.Orang berusia 40 tahun atau lebih tua, terutama wanita,
2.Orang yang dalam masa pemulihan setelah operasi, seperti stroke atau mastektomi.
3.Peradangan akibat penyakit seperti diabetes bisa menjadi penyebab bahu kaku.
4.Cedera yang pernah menyerang juga bisa menjadi penyebab terjadinya bahu kaku.
5.Terlalu sering membawa beban berat atau stres bisa menjadi penyebab otot bahu menjadi menegang dan kaku.
6.Aktivitas yang menuntut kegiatan memutar lengan bisa pula melukai bahu Anda.
7.Penyakit seperti Jantung Koroner, TBC, Parkinson’s disease,Hyperthyroid maupun Hypothyroi

Faktor-faktor risiko Kaku bahu
1.Usia. Orang tua lebih mungkin untuk menderita penyakit ini.
2Terlalu lama istirahat di tempat tidur karena cedera bahu;
3.berkurangnya mobilitas sendi karena cedera, patah lengan, stroke, pasca-operasi.
4.Memiliki penyakit lainnya seperti diabetes, penyakit gondok, TBC, Parkinson, atau stroke.

Pengobatan
Sama seperti Nyeri bahu yakni pemberian obat anti nyeri n anti peradangan.Pasien dengan frozen shoulder biasanya tidak memerlukan operasi.Setelah pemulihan, sakit tidak akan menyerang bahu yang sama.
Pada frozen shoulder, pengobatan konservatif terbaik yakni dengan terapi fisioterapi .
Kunci untuk pemulihan adalah mempertahankan gerakan bahu.Fisioterapi dan latihan di rumah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempertahankan gerakan lengan.

DIAGNOSA PENUNJANG:
1.pemeriksaan fisik dengan keluhqn gangguan bahu
2. sinar-X untuk mengetahui kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala seperti osteoarthritis, tumor dan dislokasi sendi bahu.

Nasrhat pengobatan Kaku bahu :
1.Gunakan obat seperti yang diarahkan oleh dokter.
2.Olahraga sesuai saran dokter.
3.Ikuti bimbingan dari ahli fisioterapi.p
4,Belajar gerakan bahu secara teratur.
Demikian oerbedaan antara nyeri bahu dan kaku bahu.semoga bisa menambah wawasan anda bisa membilah kondisi yang berbeda. Sehat itu kaya, jangan membiarkan penyakit semakin parah baru mau berobat .
Anda Sehat Kami Bangga !
Sekilas info, Semoga bermanfaat.
RobertoNews 1211《26.1.22(06.00)》
Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait