Kapolda Sumut launching Sergai PIC

  • Whatsapp

Foto: Kapolda Sumut Irjen Pol DR H. Rycko Amelza Dahniel, Msi berkesempatan melaunching layanan kepolisian online Sergai PIC (Serdang Bedagai Police Information Center).

Serdang Bedagai, Beritalimacom– Dalam lawatan kunjungan kerjanya ke Polres Serdang Bedagai,  Kapolda Sumatera Utara, Irjen. Pol. DR H. Rycko Amelza Dahniel, Msi berkesempatan melaunching layanan kepolisian online Sergai PIC (Serdang Bedagai Police Information Center) Senin (22/11) malam.

Sergai PIC yang dipaparkan oleh Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, Sik, MH merupakan layanan kepolisian online berbasis android yang dapat diunduh gratis melalui playstore.

“Pada aplikasi ini, masyarakat yang sudah mengunduh dapat melaporkan setiap peristiwa yang ditemui di wilayah kabupaten Serdang Bedagai melalui HP android masing-masing”, papar Eko. 

Selanjutnya petugas kepolisian yang menerima laporan tersebut akan meneruskan ke jajaran kepolisian, baik melalui sms broadcast maupun sarana komunikasi lainnya dan melacak lokasinya, dengan melihat posisi atau keberadaan pelapor di tempat kejadian perkara (TKP), karena saat melaporkan sesuatu, otomatis GPS pada HP androidnya akan aktif sehingga dapat diketahui posisinya.

“Jadi diharapkan kecepatan datang ke TKP dapat segera terwujud dengan layanan ini.” Terangnya.

Selain itu ,masih banyak fitur-fitur lain yang disajikan seperti pendaftaran SKCK online, pendaftaran SIM online maupun layanan SP2HP online. Juga terdapat fitur berita dan informasi termasuk informasi wisata di Kabupaten Serdang Bedagai. 

Kapolda Sumut Irjen. Pol. DR H. Rycko Amelza Dahniel, Msi menyambut baik inovasi yang diberikan oleh Polres Sergai yang baru saja dilaunching.

“Semoga masyarakat dapat semakin terlayani dengan baik,” kata Kapolda. 

Pada hari Senin (21/11), Kapolda Sumut melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Mapolres Sergai untuk melihat secara dekat kinerja Polres Sergai, dalam memelihara kamtibmas serta bagaimana menindaklanjuti kebijakan dan strategi pimpinan. 

Setelah menerima laporan dari Kapolres dan menerima jajar hormat, Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Daerah Sumut, juga disambut oleh FKPD Sergai, mulai dari Wakil Bupati Dharma Wijaya (mewakili Bupati yang masih berada tugas dinas di luar negeri) , Kajari Sergai Erwin Panjaitan dan Dandim 0204/Deli Serdang Letkol Inf Hendra Asep Budiana. Hadir menemani Kapolda saat melakukan kunjungan kerja adalah beberapa Pejabat Utama, yakni Dirpamobvit Polda Sumut, Dirreskrimsus, Dirreskrimum, Dirresnarkoba, Dirlantas, Kabid Propam, Kabid Humas, Wadir Intelkam dan Koorspripim. Setelah melakukan tatap muka dan dialog dengan tokoh agama , tokoh masyarakat dan tokoh adat, Kapolda memberikan arahan kepada personel Polres Sergai di aula Mapolres. Sebelumnya Kapolda beserta ibu juga disematkan pakaian adat khas Melayu oleh Wakil Bupati yang didampingi oleh Ibu Bupati Sergai. 

Sebelum meninggalkan Mapolres untuk melanjutkan perjalanan ke kota Siantar, Kapolda Sumut juga berkesempatan menggunting pita tanda peresmian ruangan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres Sergai. Kunjungan kerja yang dimulai pukul 20.00 Wib tersebut berkahir pada pukul 23.00 Wib. Selanjutnya Kapolda Sumut beserta ibu dan rombongan meninggalkan Mapolres Sergai untuk bermalam di  Kota Siantar untuk selanjutnya melanjutkan agenda kunjungan kerja ke Polres – Polres lainnya. [Sugi]

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *