Kapolres Lumajang Hadiri Pameran Batik Dengan Tema “Batik Lumajang On The Street”

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Pemerintah Kabupaten Lumajang mengadakan pentas dan juga pameran batik dengan tema ‘Batik Lumajang On The Street’ atau disingkat ‘BALOS’. Acara yg juga bertepatan di malam minggu ini, Sabtu (24/11/2018). Acara ini sebagai bentuk kepedulian terhadap eksistensi batik di Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan wakil bupati Indah Amperawati serta Kapolres Lumajang AKBP DR Muhamad Arsal Sahban SH SIK MM MH.
Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan, “Hasil karya bernilai tinggi lho batik itu, harus kita jaga bersama. PBB melalui UNESCO saja sudah mengakui batik adalah warisan dunia yg patut dijaga, jadi sebagai penerus bangsa harus lebih bangga memakai dan memiliki batik”, Ujar Muhamad Arsal.

Masih menurut Kapolres, bahwa berbicara tentang batik tentunya pemikiran kita langsung tertuju pada kain khas Indonesia. Batik menurut kamus bahasa Indonesia artinya kain bergambar yang pembuatannya secara khusus, dengan bahan baku malam untuk menuliskan pada kain tersebut. Pengolahannya diproses dengan ciri khas tertentu, setiap daerah tentunya memiliki khas sendiri termasuk kabupaten Lumajang juga memiliki khas sendiri.

Salah satu pengunjung saat dikonfirmasi awak media mengatakan, “Saya sangat antusias terhadap acara ini. Sebelumnya saya sudah sering memakai baju batik kalau ada acara formal. Mungkin kedepannya bisa buat trend anak muda baju batik buat nongkrong”, Ujar Indra, salah satu pengunjung dalam acara ini.

Bukan hanya didalam negeri, batik juga pernah dipakai dan digemari oleh berbagai tokoh terkenal dunia. Sebut saja tokoh pergerakan Afrika Selatan Nelson Mandela, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama, hingga aktor laga kawakan Tom Cruise pernah memakai baju bermotif batik. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *