Kapolres Pamekasan dan PJU Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com|Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto, bersama Pejabat Utama Polres Pamekasan Mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Ksatria Polres Pamekasan, Rabu (01/06/2022) pagi.

Selaku Inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah Presiden Joko Widodo.

Adapun upacara Hari Lahir Pancasila kali ini dipusatkan di Ende, Dan Kapolres Pamekasan Beserta Pejabat Utama Polres Pamekasan Mengikuti Kegiatan Upacara Tersebut Secara Virtual.

Dalam Amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan, pada hari ini adalah hari lahir Pancasila, Bung Karno Proklamator Kemerdekaan, Bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila, yang kemudian di sahkan oleh PPKI sebagai dasar negara, dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

“Dari Kota saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk sama- sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”ucapnya.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga menjadi peluncur ketika bangsa kita menghadapi tantangan dan ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,”sambungnya.

“Saya selalu ingatkan kita harus betul betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai Interaksi antar sesama anak bangsa,”ajaknya.

“Inilah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai Ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,”lanjutnya.

Saat ini menghadapi situasi dunia yang bergejolak, Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan dan kelaparan dan juga perang di Ukraina,

Sebagai presiden di G20 kita mengajak negara maju di dunia bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesejahteraan global yang mampu menangani krisis dimasa depan, dengan tatakelola dunia yang lebih sehat, lebih damai dan lebih berprikemanusiaan, dan lebih berkeadilan.

“Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, pemimpin partai politik , para pemimpin dan tokoh ormas, dan para pemimpin lainnya untuk menjadi Teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi dalam nilai- nilai Pancasila, mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif untuk memperkokoh Nilai- nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita- cita proklamasi kemerdekaan , Semoga Allah SWT Tuhan yang maha kuasa selalu meridhoi perjuangan kita bersama,” terangnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait