Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Gelar Pasukan “Pamor Keris”

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com,- Kepolisian Resort Tulungagung menggelar Apel Gelar Pasukan Pamor Keris (Patroli Motor Penegak Protokol Kesehatan di Masyarakat), yang dilaksanakan di Halaman Pemkab Tulungagung, Senin (24/01/2022).

Apel Gelar Pasukan Pamor Keris merupakan implementasi perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, tentang, akselerasi percepatan vaksinasi dan penguatan Protokol Kesehatan yang harus dilakukan dan merupakan hal penting dalam penanganan covid-19 varian omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Kegiatan Gelar Pasukan dipimpin oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH, didampingi, Dandim 0807 Letkol Inf Yoki Malinton, Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo, SE dan diikuti Pasukan dari Polres Tulungagung, Kodim 0807, Satpol PP, BPBD, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan, undangan yang hadir yakni Kajari Mujiarto, SH, MH, Sekda Drs. Sukaji, Wakapolres Kompol Christoper A. Lebang, SIK, Kepala Dinas Instasi Terkait dan OPD Tulungagung.

Dalam Amanat Gubernur Jatim yang dibacakan Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH ada beberapa poin.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa, saat ini dunia sedang menghadapi badai penyebaran covid-19 varian omicron, bahkan, di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa tercatat mengalami lonjakan yang cukup signifikan sekitar 175.000. Penambahan kasus per hari. Sehingga, membuat kewalahan dunia medis di negara-negara tersebut.” ucap Kapolres.

Indonesia sendiri meskipun penyebaran covid-19 saat ini masih relatif bisa dikendalikan, namun tanda-tanda kenaikan angka covid sudah mulai nampak. Dimana, untuk kasus harian varian omicron sudah naik berkisar 800 orang per hari sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada tanggal 27 November 2021.

Varian omicron ini perlu diwaspadai, karena dalam penularannya 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta.

Untuk menekan angka penyebaran covid-19 tersebut, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan seperti melakukan asesmen PPKM yang semula 2 minggu sekali sekarang menjadi seminggu sekali, untuk mengetahui perkembangan pengendalian Covid – 19 di beberapa daerah sesuai dengan indikator yang telah di tentukan.

“Guna menekan laju penyebaran covid-19, Jawa Timur sudah melakukan beberapa inovasi, seperti monitoring karantina presisi yang diprakarsai oleh Polri dan telah dilaunching beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut, sangat positif terutama untuk memantau pergerakan para PPLN yang sedang melakukan karantina di beberapa lokasi yang telah ditetapkan.” Tambah Kapolres.

Selain itu, Polda Jatim bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya membentuk Tim Patroli Bermotor “Pamor Keris” yang akan melaksanakan patroli rutin dengan sasaran penegakan protokol kesehatan sekaligus melaksanakan kegiatan dalam rangka Cipta kondisi harkamtibmas di wilayah Jawa Timur.

“Tujuan pelaksanaan Apel ini, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sumberdaya pendukung lainnya yang akan terlibat dalam Tim Pamor Keris, sehingga, dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan optimal dan berhasil dalam pencegahan penyebaran Covid 19”, Terang Kapolres Tulungagung.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat atas terbentuknya tim pamor keris ini, saya harapkan kehadiran tim ini betul-betul bisa memberikan manfaat yang besar dalam hal pencegahan penyebaran covid – 19 dan Cipta kondisi harkamtibmas yang kondusif di wilayah Timur melalui kegiatan preemtif dan preventif.” Pungkas AKBP Handono Subiakto. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait