Kapuskersin TNI dan Athan Australia Bahas Rencana Sub Committee Meeting HLC Australia-Indonesia Tahun 2019

  • Whatsapp

Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., beberapa waktu lalu menerima kunjungan Athan Australia Brigjen Justin Roocke didampingi Atase Laut, Atase Udara dan Asisten Athan Australia dalam rangka di Mabes TNI Cilangkap Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Kapuskersin TNI Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., dan Athan Australia Brigjen Justin Roocke membahas rencanaSub Committee meeting HLC Australia-Indonesia tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Jakarta.

Kapuskersin TNI Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si.,menyampaikan bahwa pertemuan yang berlangsung cukup hangat tersebut membahas rencana secara detail pelaksanaan Joint Operation and Exercise Sub Committee (JOESC) meeting dan Joint Logistic Sub Committee (JLSC) Meeting yang akan dilaksanaan pada tanggal 25 -27 Maret 2019. Selain itu membicarakan pelaksanaa Joint Education and Training Sub Committee (JETSC) meeting yang juga akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Maret 2019.

Lebih lanjut Kapuskersin TNI mengatakan bahwa dalam pertemuan juga membahastentang proposal materi yang diajukan Angakatan Bersenjata Australia untuk dibicarakan pada forum pelaksanaan Sub Committee meeting HLC Australia-Indonesia tahun 2019.

Selanjutnya Kapuskersin TNI juga menyampaikan bahwa pertemuan Sub Committee meeting mendatang diharapkan dapat mengakomodir upaya peningkatan kualitas dan kompleksitas latihan sesuai dengan yang diamanatkan oleh hasil sidang HLC ke-6 di Darwin pada tahun 2018 lalu.

“Salah satu agenda penting yang menjadi bahan diskusi dalam pertemuan tersebutmengenai proposal Australia untuk melaksanakan latihan trilateral HADR antara Indonesia-Australia-Amerika Serikat dan trilateral maritime exercise antara Indonesia-Australia-India” kata Kapuskersin TNI.

Kapuskersin TNI Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., juga menyampaikan bahwa Sub Committee meeting dan Ausindo HLC merupakan forum bilateral antara dua negara Indonesia dan Australia sehingga tidak bisa hanya diputuskan oleh Indonesia dan Australia saja namun harus melibatkan negara ketigayang terlibat dalam latihan untuk mendapatkan persetujuan dan kesepakatan bersama.

Dalam pertemuan tersebut Kapuskersin TNI Laksamana Pertama Didik Kurniawan, S.T.,M.SI. didampingi oleh Kabid Kerma Non Asean Puskersin TNI, Perwira Staf Operasi Mabes TNI, Perwira Staf Logistik Mabes TNI, Perwira Staf Personel mabes TNI dan Perwira Staf Intelejen Mabes TNI.

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *