Karang Taruna Punya Usaha Pupuk Organik

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kreatif Karang Taruna Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, patut ditiru. Pasalnya, organisasi kepemudaan tingkat desa ini, menjalankan bisnis pembuatan pupuk organik di bawah bimbingan BUMDes.

Menurut Kepala Desa Mojorejo H. Mustakim, untuk pembuatan pupuk organik, selain pembuatannya relatif mudah, bahan bakunya murah dan mudah didapatkan.

“Bahannya kotoran sapi dan mudah didapat. Selain managementnya sederhana, pangsa pasarnya mudah dan banyak yang membutuhkan,” terang H. Mustakim.

Menurutnya lagi, selain bahannya melimpah karena tiap KK ada yang mempunyai sapi 4-6 ekor, di Desa Mojorejo ada kelompok ternak “Seneng Makmur” yang memelihara 186 ekor sapi.

“Sebenarnya Desa Mojorejo banyak faktor yang banyak bisa menjadi tonggak kemajuan ekonomi. Misalnya masyarakat sudah membuat kripik tempe,kripik pisang dan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu ketika disinggung mengenai dana desa (DD), menurutnya sebagian dana dari pemerintah pusat itu untuk membangun drainase yang sekarang pekerjaanya hampir 70% dan RTLH (rumah tidak layak huni) milik warga bernama Slamet. “Kalau rumah pak Slamet, kita bangun dari nol komplit MCK dengan anggaran Rp 12 juta,” terangnya. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *