Kasih Ibu Sepanjang Masa, Kasih Anak Sepanjang Gala

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Si Budi mulai bayi sampai dewasa berkeluarga semua adalah jasa ibunya dari kecil diasuh,dibina dan dididik menjadi dewasa bisa mandiri dan berumah tangga adalah jasa ibunya, oleh sebab itu kita srlalu berkata ; ” Kasih Ibu sepanjang masa dan kasih Anak srpanjang gala !”

Terpetik berita heboh bahwa di Aceh Barat anak menuntut warisan darinya ke pengadilan belum lagi ibu dipukul dan dibunuh oleh anaknya, tegakah kamu melakukan tindakan sekejam ini sadarkah kamu dilahirkan dari jkandungan ibu selama 9 bulan 10 hari yang harus menghadapi detik detik perjuangan dan membesarkan kamu dan mendidikmu!

Setiap tahun ditanggalan 22 Desember kita akan merayakan HARI IBU NASIONAL.Ibu adalah manusia yg paling mulia di dunia karena melahirkan kita- membesarkan kita -membimbing kita menjadi orang dewasa. Ada istilah aduh mak tapi taj ada aduh Pak, “SURGA BERADA DI KAKI IBU” Kalau kita tidak patuh dan berbudi bakti pada ibu, pasti menerima Karma yang berat dari Tuhan Yzng Maha Kuasa.sejak kita dilahirkan ,kita dibesarkan mendapat ASI ibu sampzi bisa berjalan dan berbicara maka ada perkataan DOA IBU ADALAH DOA PALING SAKTI untuk anaknya,jangan kita bersikap kurang ajar pada ibu kita Kasih Sayang Ibu sepanjang masa, kasih sayang anak hanya sepanjang gala ! Oleh sebab itu Pemerintah kita mewariskan 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional !

SEJARAH
Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember. menjadi momen peringatan Hari Ibu untuk tahun ini.Penetapan 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu di Indonesia sejak 1938. Kala itu, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia III pada 22-27 Juli 1938 di Bandung. Salah satu keputusannya menetapkan Hari Ibu diperingati setiap 22 Desembe Pemilihan 22 Desember karena bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928. Jika di Indonesia peringatan Hari Ibu setiap 22 Desember, di beberapa negara juga memiliki tanggal peringatan sendiri.

Tanggal 22 Desember merupakan hari diselenggarakannya kongres perempuan pertama Hari Ibu ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu. Hal ini karena pada tanggal tersebut pertama kalinya diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang dilangsungkan di Yogyakarta tahun 1928. Peristiwa ini dikenang sebagai awal mula perjuangan kaum perempuan di Indonesia.Pada tanggal tersebut berbagai pemimpin dari organisasi perempuan di seluruh Indonesia berkumpul untuk bersatu dan berjuang untuk kemerdekaan serta perbaikan nasib kaum perempuan.

22 Desember 2017, awalnya Hari Ibu merupakan ungkapan berkabung bagi para perempuan yang ditinggal oleh suaminya yang terlibat dalam Perang Dunia.perayaan ini dimulai pada 1850, ketika Anna Jarvis dengan organisasinya, Ann Revers Jarvis, menggelar acara Hari Ibu di klub kerja.Ann Revers Jarvis berperan menekan angka kematian bayi dengan melawan penyakit dan mengurangi pencemaran susu.

HARI IBU DI NEGARA TETANGGA
1. Perancis merayakan minggu ke-4 bulan Mei.
2. Thailand merayakan 12 Agustus
3. Polandia merayakab 26 Mei
4. India merayakan minggu ke-2 Mei
5. Malawi merayakan pada 15 oktober
6. Qatar merayakan 21 Maret

KASIH SAYANG SEPANJANG MASA
Kasih sayang ibu sepanjang masa. Itulah ungkapan yang sangat sering kita dengar. Bukan tanpa sebab, karena pada kenyataannya memang Ibu selalu menyayangi kita bahkan sampai akhir hayatnya. Jasanya tidak terbendung dan tidak terhitung banyaknya, sejak kita lahir ke dunia ini dan pertama kali menangis, sang ibulah yang menyambut kita dengan kebahagiaan dan penuh harapan. Mungkin kita bak permata baginya, di setiap doanya selalu tersebut nama kita walaupun tanpa kita ketahui. Nama yang diberikan kepada kita juga adalah sebuah doa, harapan dari seorang Ibu kepada anaknya, kelak akan sama seperti arti dalam nama tersebut.

“Kasih Sayang Ibu Sepanjang Masa, Kasih Sayang Anak Sepanjang Galah”pasti sudah tidak asing bagi kalian dengan pribahasa tersebut, yang mana pribahasa tersebut memiliki arti kasih sayang seorang ibu yang diberikan kepada anaknya itu selamanya seumur hidup sedangkan kasih sayang anak yang diberikan kepada orangtua itu memiliki batasan. Dalam pribahasa tersebut disebutkan “kasih sayang anak sepanjang galah” yang mana berarti kasih sayang seorang anak memiliki betasan, akan tetapi mengapa di era sekarang banyak sekali anak yang sering membentak ibu mereka, menjadikan ibu mereka seperti pembantu, dan bahkan tidak segan-segan mereka memukul ibu mereka.

Oleh sebab itu jasa seorang ibu jangan dilupakan sepanjang hayat, ibu melahirkan kita selama 9 bulan 10 hari dalam kavdungan menghadPi detik detik bahaya dan membedarkan kita mulai dari bayi hingga dewasa bisa mandiri makan berpakaian bersekolah agar bisa menjadi manusia yang berguna bagi keluarga ,nusa dan bangsa.ibu akan bangga melihat kamu sukses dan padti melihatmu bodoh dan nakal!
RobertoNews1639 《22.12.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait