Kata-kata Bijak Bupati Pamekasan di Hari Peringatan Kesaktian Pancasila

  • Whatsapp
Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, dan Fattah Jasin, Saat Usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Melakukan Wawancara Bersama Rekan-Rekan Media di Mandhapa Agung Ronggosukati. Sabtu(01/10/2022), pagi.

PAMEKASAN, Beritalima com|Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman bagi seluruh bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila ini berisi lima sila yang masing-masing memuat nilai dan karakteristik bangsa Indonesia. Meskipun disusun pada masa awal kemerdekaan, namun Pancasila dapat diterapkan dan masih relevan hingga kehidupan saat ini.

Dalam hal ini, masing-masing sila dalam Pancasila mempunyai makna bijak dan mendalam yang perlu dipahami oleh setiap masyarakat Indonesia. Bukan hanya dipahami, makna masing-masing sila juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terwujud kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, memimpin upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang berpusat di Lapangan Nagara Bakti Mandhapa Agung Ronggosukati. Sabtu(01/10/2022), pagi.

Hadir dalam upacara tersebut, Setdakab, DPRD Pamekasan, Forkopimda, Dandim/0826/Pamekasan, Kapolres Pamekasan dan diikuti oleh pasukan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, veteran kabupaten Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, hari ini pemkab pamekasan memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Dimana momentum ini tentunya sangat jelas bahwa Pancasila tidak hanya menjadi saksi tetapi bisa menyatukan Indonesia dari seluruh elemen bangsa menjadi satu kesatuan yakni NKRI dan 5 pasal ini sungguh sangat filosofis .

“Artinya kita ikuti sebagai bagian dari nilai kehidupan utama berbangsa dan bernegara. Kita sebagai warga indonesia yang berketuhanan juga termaktub dalam Pancasila keadilan juga ada di spirit dan nilai-nilai Pancasila,”ucapnya usai melaksanakan upacara di Lapangan Nagara Bakti Mandhapa Agung Ronggosukati. Sabtu(01/10/2022), pagi.

Lanjut Baddrut Tamam menambahkan, bahwa kebersamaan juga ada dalam spirit Pancasila. Kemudian pemasyarakatan ada dalam diri Pancasila karenanya sebagai bangsa yang berkeadilan.

Mestinya ini tertanam dalam kehidupan keseharian untuk mengamalkan Pancasila yang berketuhanan.

“Kita juga harus baik kemudian keadilan kita ini harus didorong biar semakin merata dan masif. Maka tugas pemerintahan itu mendorong nilai-nilai itu semua,”terangnya.

Untuk itu kemanusiaan sebagai warga bangsa yang harus memanusiakan manusia. Memanusiakan manusia itu dalam prinsip orang Madura hormati dan hormati orang dalam konteks itu maka dalam konteks pemerintahan juga.

“Maka tugas saya bersama pak Wabup dan seluruh rekan-rekan harus mendorong itu semua menjadi bagian dari program pemerintahan yang kita sudah ada dalam realitas kita misalnya ketuhanan gerakan Pamekasan ,”sambung Baddrut Tamam.

“Setiap malam kita doakan mulai presiden kita pak Jokowi Wapres kita Kyai Haji Ma’ruf Amin seluruh pimpinan bangsa yang lain kita doakan sampai Pak Kades dan para alim ulama kita bahkan sebagai bagian dari itu keyakinan kita bahwa Tuhan itu yang maha kuasa dan track berikutnya kita pakai itu sebenarnya Pamekasan akan baik-baik saja,”pungkasnya.

Untuk diketahui bersama setelah usia upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bupati dan Wakil Bupati didampingi oleh OPD dan Dandim dan kapolres Pamekasan membagikan bingkisan berupa Sembako kepada sejumlah Veteran.(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait