Keakraban Kadet Angkatan Laut Lebanon Dan Prajurit TNI AL DI KRI Diponogoro-365

  • Whatsapp
Keakraban Kadet Angkatan Laut Lebanon Dan Prajurit TNI AL DI KRI Diponogoro-365

Lebanon, beritalimacom| Prajurit TNI yang berada di kapal perang KRI Diponegoro-365 tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL di Lebanon, menerima kunjungan Lebanese Armed Force-Navy (LAF-N) Cadet, baru-baru ini. Tampak suasana keakraban diantara dua negara yang juga mayoritas beragama Islam.

Para Kadet Angkatan Laut Lebanon melakukan serangkaian kegiatan di wilayah Area of Maritime Operation (AMO) ke KRI-Diponegoro-365, yang sedang menjalankan misi perdamaian PBB (Perserikatan bangsa-Bangsa). Prajurit TNI yang berada di kapal perang ini, sesuai mandate PBB, wajib memberikan pelatihan kepada prajurit negara lain seperti LAF-N.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dikenal dengan “Stage at Sea”, bertujuan meningkatkan kemampuan serta keterampilan angkatan laut Lebanon (atau siapapun yang berkunjung), dalam menjalani tugas maritim di teritorialnya. Program ini berlangsung dua hari dengan beberapa materi yaitu Ship Familirization, Pilotage, Advance Maneuvering, Helo Ops, Damage Control dan Boarding Ops.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan kegiatan ini selain menjalankan tugas yang dimandatkan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB, juga sebagai sarana mempererat hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut yang sudah terjalin dengan baik sejak misi pertama pada 2009.

Penunjukan KRI Diponegoro-365 dalam kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan dan kepercayaan dari MTF UNIFIL akan profesionalisme TNI di mata dunia.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com

Pos terkait