Keberadaan Tambang Emas PT AMNT KSB Dinilai Tidak Mensejahterakan Masyarakat Lingkar Tambang

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB,beritalima.com|
Puluhan pemuda lingkar tambang yakni di tiga desa kecamatan sekongkang demo menuntut kebijakan perusahaan tambang batu hijau PT AMNT (Aman Mineral Nusa Tenggara) supaya memperhatikan nasib mereka (24/10).

Para pemuda tiga desa yaitu Desa Kemuning, Sekongkang Atas dan Sekongkang Bawah sudah dua hari melakukan aksinya mendatangi Gate (pintu masuk karyawan tambang) di Gate Sekongkang dan Gate Townsite.
PT. AMNT sebagai pengelola tambang emas sekarang ini di nilai oleh para pendemo kurang memperhatikan nasib mereka. Pasalnya mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan di daerahnya sendiri sedangkan perusahaan tambang raksasa ada di kampung mereka sendiri (Baeng Desa).

Beberapa tuntutan yang di minta pendemo, (Pertama), Ketidak berpihakan perusahaan terhadap masyarakat lingkar tambang saat ini, terutama kepekaan perusahaan terhadap masalah lingkungan, seperti air bersih, dimusim kemarau saat ini masyarakat membutuhkan air bersih, sedangkan untuk mendapatkannya ibu ibu harus berdemo dulu ke perusahaan baru di beri, pemberian itupun tidak merata. Sehingga masyarakat gerah dengan hal ini. Sedangkan aktifitas di dalam perusahaan setiap hari mobil tangki membawa air untuk menyirami sepanjang jalan tambang. Ketidak pekaan ini dinilai pendemo sudah keterlaluan, sehingga mereka para pemuda harus menyuarakan aspirasi mereka.

(Kedua), mereka menuntut agar PT. AMNT, mempekerjaan para pemuda ke dalam perusahaan. Mereka meminta jangan mempersulit tenaga kerja lokal sebab ini di kampung kita sendiri.

(Ketiga), perekrutan karyawan satu pintu yang di berlakukan pemerintah daerah bersama perusahaan dinilai tidak berpihak terhadap masyarakat lingkar tambang serta di sinyalir terjadinya kebocoran kebijakan yang tidak menguntungkan masyarakat lingkar tambang sehingga memberi peluang oknum- oknum nakal untuk melakukan penyimpangan terkait masalah perekrutan karyawan.

(Keempat), menuntut perusahaan memberikan dana CSR terhadap masyarakat agar di pergunakan untuk usaha kreatif UMKM, sebab masyarakat yang tidak dapat kesempatan kerja di dalam perusahaan dapat menikmati juga kesejahteraan.

Koordinator aksi Muhamad Ikhsan, mengatakan kepada wartawan, ” Kami akan tetap menuntut kepada perusahaan agar apa yang kami inginkan bisa di respon, bahkan kami akan mengadakan aksi yang lebih besar lagi jika tuntutan kami tidak di penuhi.” Ungkapnya.

Kami merasa jengkel dengan sistem perusahaan PT. AMNT sekarang ini yang semuanya dirubah tidak seperti jaman Newmont. Mereka cepat merespon jika ada permasalahan di masyarakat. Tambah,”Ikhsan.

Ia menambahkan,kami para pemuda lingkar tambang menyampaikan tuntutan ini supaya pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengerti apa yang di rasakan oleh masyarakat lingkar tambang,mana janjinya pemerintah akan mengurangi pengangguran”ujarnya

Dengan Hal Tersebut Awak Media mencoba menghubungi untuk konfirmasi pada pihak Humas PT. AMNT terkait masalah ini melalui seluler tapi tidak direspon.Hingga berita ini di turunkan.(Rozak B5).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *