Kelurahan Taman Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Menghadapi Kebakaran

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Keluarahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar kegiatan Pelatihan Kesiapsigaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Kebakaran, Sabtu 27 Juli 2019.

Lurah Taman, Anita Maharani, S, STP, MM, mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana kebakaran.

“Di wilayah kita, tahun 2018 itu terjadi empat kali kebakaran. Jadi dengan adanya dana keluarahan (bersumber dari DAU), sesuai Permendagri Nomor 30 Tahun 2018, dibolehkan sebagian anggaran itu digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Salah satunya untuk pelatihan ini,” terang Anita Maharani, S, STP, MM.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran. “Harapannya kalau ada kebakaran, warga bisa menangani tahap awal sebelum api membesar,” tuturnya.

Selain teori di ruang pertemuan kelurahan, kegiatan yang mendatangkan narasumber dari Satpol PP (Bidang Damkar) dan kepolisian ini juga melakukan prakter di halaman depan. Mulai cara memadamkan api dengan karung basah, hingga dengan tabung.

Tak hanya peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan praktek. Tapi Lurah Taman, turut praktek bagaimana cara memadamkan api dengan menggunakan karung yang telah dibasahi.

Sementara itu salah satu peserta, Kadenan, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat awam terutama bagaimana cara memadamkan api di dalam rumah.

“Sangat bermanfaat. Ternyata begitu cara tepat memadamkan api yang benar. Jadi tidak perlu panik,” ujar Kadenan.

Kegiatan dengan tema “Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Kebakaran” ini, diikuti oleh 75 Linmas dan 70 ketua RT/RW. (Dibyo/adv).

Ket. Foto Atas: Anita Maharani, S, STP, MM.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *