Kemenhub Buka Penerimaan Calon Taruna Pilot Bagi Santri

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Sebagai bentuk apresiasi pada para santri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka penerimaan calon taruna pilot untuk para santri. Ini sebagai upaya mencari pilot yang religius.

Beasiswa pilot dari santri ini dikhususkan pada program Non Diploma Penerbang. Untuk pendaftaran dan pendidikan, akan di gelar di Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi.

“Bea siswa ini sebagai bentuk apresiasi kepada dunia pesantren yang banyak berperan pada pembangunan bangsa ini,” kata Afen Sena, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi kepada media, Kamis (8/3/2018).

Proses perekrutan dilakukan tetap mengacu pada standar yang telah ditentukan. Tidak ada perlakuan khusus. Proses seleksi berlangsung mulai 6 Maret 2018.

“Pendaftaran bisa di lakukan di portal Seleksi Calon Taruna

(SIPENCATAR) melalui Website sipencatar.lp3b.ac.id atau
datang langsung di kampus BP2 Penerbang Banyuwangi. Saat ini kami sudah melakukan sosialisasi ke seluruh ponpes-ponpes se Indonesia,” tambah Afen.

Pemberian beasiswa ini merupakan permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo. Presiden berharap agar lulusan sekolah penerbangan dibawah naungan Kemenhub ada yang berasal dari kalangan pesantren, dan mengantongi gelar sarjana agama.

“Beasiswa ini lebih mengutamakan bagi santri berprestasi, namun berasal dari kalangan keluarga tidak mampu. Ini untuk memenuhi aspek pendidikan berkeadilan,” tambahnya.

Beberapa persyaratan juga harus dipenuhi oleh calon pilot yang akan menempuh pendidikan di BP2 Penerbang Banyuwangi. Selain standar ketentuan penerbang, Calon taruna pilot dari santri wajib hafizd Al-Qur’an minimal 5 juz.

“Ketentuan standar pilot diberlakukan. Selain itu yangsantri yang diterima minimal hafizd minimal 5 juz,” pungkasnya.

Pendidikan pesantren telah memberikan bukti, banyak santri yang memegang peranan penting baik di struktur pemerintahan maupun swasta. Banyak alumni pesantren yang memberikan insipirasi. Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan lulusan terbaik pesantren bisa mewarnai keberadaan pilot Indonesia. Pilot bermental santri. (Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *