Kenapa Bisa Mabuk Laut ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR,dr.Robert Arjuna FEAS*
Mas Charli mau pulang ka Tarutung lewat laut dari Surabayaq ke Belawan naik kapal laut naik dari Tanjung Perak ke Belawan yang semula segar bugar setelah kapal berlayar 2jam mulailah perut berulah besar yaitu mual muntah kepala pusing yang dikatakan orang mabuk laut,setelah diolesi minyak angin reda muslnya tapi ulah kembali muntah warna kehijauan dan mual kembali katanya kepala berputer jadi apa itu mabuk laut.Mabuk laut adalahhal yang amat seri g dijumpai setiap orang dan selalu disepelekan

Saah satu hal yang dapat mengganggu naik kapal adalah mabuk perjalanan laut atau disingkat mabuk laut. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa mual, sakit perut, sakit kepala, dan muntah.Mabuk laut dapat dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips-tips yang bida dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan di atas air samudera ini.

Mabuk laut muncul akibat merasakan gerakan berulang selama perjalanan dengan kapal laut, misalnya guncangan akibat deburan ombak, akselerasi kapal, dan lain-lain.Gerakan-gerakan itu akan ditangkap oleh sistem keseimbangan tubuh, yaitu sistem vestibular di telinga dalam, penglihatan, kulit, dan otot. Mekanisme mabuk laut bermula dari perbedaan persepsi yang diterima sistem keseimbangan tubuh.
Gejala-gejala mabuk laut yang umumnya timbul antara lain pusing, mual muntah, peningkatan air liur, berkeringat, lemas, kesemutan, bersendawa, dan tubuh terasa hangat.

PENC3GAHAN MABUK LAUT
1. Cari Udara Segar
2. Hindari Bepergian dengan Perut Kosong
3. Mengunyah
4. Lakukan Kegiatan yang Dapat Mengalihkan Perhatian
5. Hindari Membaca Buku atau Menonton Film di Kapal
6. Hindari Konsumsi Obat Tertentu
7.Pilih Area yang Meminimalisi
8. Mengisap Permen Jahe.
9. Mengonsumsi Obat Antimabuk Perjalanan
10. Carilah udara segar
11.Pilih tempat duduk di bagian tengah kapal
12.Tekanan pada titik tertentu tubuh
13.Makan makanan tepat
14.Hindari kegiatan tertentud

Demikian agar dimaklumi bagi seseorang yang suka mabuk nl;aut harus berhati dan ikuti petunjuk kami diatas ya.
RobertoNews 1602《30.9.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait