Kenapa Kentut Bermanfaat .???

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert ArjunaFEAS*
Mendengar seseorang berkentut di depan umum,spontan kita akan tutup hidung dan mulut serta menghindari kerumuman orang dengan bau kentut merangsang penciuman, jadi kentut
semua orang takut.karena bau yang menyenggat hidung.

Seorang temanku bernama Pak Baju 32tahun dijudulki manusia ” tukang kentut” dimana saja baik di dalam mobil, jalan, wc dan gedung, Mall sehari kentut beberapa kali, suruh periksa ke dokter tak mau.lebih heran lagi ibu Siti juga tukang kentut asal makan bawang putih pasti kentut.Ketika sedang duduk bersama keluarga maupun teman sekantor, tiba sakit perut tak sadar angin ikut keluar tak terkontrol :” tuk…tuk …push push…” spontan bau wewangi tercium oleh teman sekeliling …kita terasa malu kadang bisa dimarahi bahkan diusir dari lingkungan ……Tahukah anda Kentut itu bermanfaat?

Bicara soal kentut banyak orang jadi jinik mendengar atau merasakan bshwa kentut itu bau dan jorok dan membusuk ruangan sehingga mendengar orang kentut maka akan menimbulka ketawa dan ketakutan , karena kentut itu bau….

Kentut bau bukan hanya bikin malu, tapi ternyata bisa jadi tanda masalah kesehatan yang harus diwaspadai.Umumnya, kentut adalah hal normal yang kerap dilakukan seseorang. Kadang suaranya nyaring terdengar, kadang tak ada suara sama sekali.

Kentut sebenarnya berasal dari gas dan udara yang menumpuk di saluran pencernaan saat makan, mengunyah, dan menelan. Untuk menghilangkan gas yang menumpuk ini, tubuh akan melepaskannya melalui kentut atau sendawa.kentut yang terjadi sepanjang siang dan malam adalah sesuatu yang baik. Ingatlah karena jika Anda tidak kentut, maka akan terjadi penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman.

Penyebab kentut bau busuk ternyata bisa dikarenakan adanya penyakit serius di sistem pencernaan. Meskipun kentut merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan limbah gas, namun kentut yang disertai aroma busuk dapat membuat Anda dan orang di sekitar menjadi tidak nyaman.Sebagian besar manusia memang menyimpan gas sekitar 0,5 hingga 1,5 liter gas di dalam saluran pencernaannya. Gas tersebut masuk ketika Anda sedang berbicara, makan, mengunyah, dan menelan. Secara normal, kentut bisa terjadi sebanyak 13-21 kali d

Kentut juga bisa jadi pertanda ada masalah kesehatan yang sedang dialami tubuh. Misalnya saat aroma kentut sangat bau, bisa jadi ada masalah kesehatan serius pada tubuh yang harus diwaspadai.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa ditandai dengan kentut bau.
1. Penyakit radang usus
2. Konsumsi makanan mengandung sulfur
3. Kebiasaan makan yang salah
4. Absorpsi Karbohidrat
5. Intoleransi Laktosa
6. Konstipasi atau Sembelit
7. Kanker Usus Besar
8. Makanan Tinggi Serat
9. Ketidakseimbangan Bakteri Usus
10. Konsumsi antibiotik
11. Sembelit

PENCEGAHAN
1. Makan secara pelan pelan
2. Olah dan masak makanan dengan baik.
3. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan.
4. Makan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering.
5. Hindari dan batasi makanan yang bisa memicu kentut bau busuk, seperti kol, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan.bawang putih.
6. Hindari minuman bersoda dan beralkohol yang bisa menghasilkan banyak gas di usus.
7. Berhenti merokok

Kentut bau busuk umumnya terjadi tidak lebih dari 2 hari dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila kentut bau busuk terjadi sekitar 20–30 kali dalam sehari, disertai dengan mual, muntah, dan buang air besar berdarah
Demikian agar dimaklumi persoalan kentut yang sering tetjadi di masyarakat semoa bermanfaat.
Roberto News 1794《13.6.24(06.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait