Kepala Dikbud Malut Lantik Pengurus MKKS dan MGMP di Kepsul Masa Bakti 2021 – 2024

  • Whatsapp

Drs. Imam Makhdy Hassan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara
KEPULAUAN SULA,beritaLima,com–Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara, Drs
Imam Makhdy Hassan resmi melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara (Malut) masa bakti 2021- 2024.

Kegiatan pelantikan pengurus musyawarah kerja kepala sekolah tersebut bertempat di Aula SMA Negeri I Kepulauan Sula dengan tema “Bergerak Bersama Dalam Komitmen Majukan Pendidikan Maluku Utara ” pada Selasa 24 Agustus 2021 kemarin

Dalam sambutannya, Kadikbud mengatakan, peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Menurutnya, untuk mengembangkan kerja sama antarkepala sekolah serta guru agar tercapai hubungan kekeluargaan yang serasi, perlu dibentuk satu wadah yang dapat membantu tugas kepala sekolah dan guru selalu abdi negara dan abdi masyarakat. Khususnya dalam rangka mengemban amanah Undang-undang Dasar 1945 dengan mencerdaskan kehidupan bangsa, “ucap Imam

Tambah Imam, Wadah tersebut diberi nama MKKS dan MGMP. Sejalan dengan hal tersebut, pemberian kesempatan pendidikan yang layak dan berkualitas kepada siswa merupakan langkah prioritas yang harus segera diwujudkan, mengingat implementasi dan peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan pendidikan secara nasional.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas atau mutu pendidikan adalah kompetensi siswa. Sementara itu kompetensi siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari h diri siswa, seperti inteligensi, minat, motivasi, dan faktor lingkungan seperti guru. Kurikulum dan fasilitas adalah salah satu faktor yang banyak mempengaruhi proses dan kualitas pengajaran,” tutur Imam.

Ia berharap, pascapelantikan tersebut pengurus MKKS dan MGMP dapat melaksanakan amanah dan bersinergi dengan satuan pendidikan serta Dikbud Provinsi agar bisa menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas guna memenuhi standar mutu pendidikan yang baik sesuai harapan.

Mewakili MKKS dan MGMP, Ketua panitia pelaksana pelantikan pengurus musyawarah kerja kepala sekolah, Asri Fokaaya mengatakan, pelantikan ini baru pertama kali terjadi di Kepulauan Sula. MKKS adalah garda terdepan dan wajib mengamankan kebijakan Dinas Pendidikan. Maju mundurnya pendidikan di daerah tergantung peran aktif MKKS di Kabupaten Kepulauan Sula, “kata Asri kepada media ini, Rabu (25/8/21)

“Baru pertama kali, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut berkunjung di Kabupaten Kepulauan Sula. Sebagai kepala sekolah yang ada di Kepsul sangat bersyukur dengan adanya kehadiran Kadis di Kepsul. Kami sangat bahagia, saat Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Malut meluangkan waktu untuk berkunjung di Kepsul,” pungkasnya. [dn]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait