Ketua Dekranasda NTB, Mendorong Museum Negeri NTB Mampu Menjadi Etalase Untuk Menunjukkan Identitas Daerah

  • Whatsapp

Mataram NTB,Media Berita Lima.Com.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, mendorong Museum Negeri NTB kedepannya mampu menjadi etalase untuk menunjukkan identitas daerah. Dengan hadirnya berbagai kegiatan seperti pameran kebudayaan, Ia berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan kebudayaan terus meningkat.

Hal tersebut disampaikan Bunda Niken, sapaan akrabnya, saat membuka Pameran Temporer Museum Negeri NTB yang bertemakan “Eksotika Wastra Nusa Tenggara Barat”, di Museum Negeri NTB, Senin, 8 November 2021.

Oleh karena itu, Perempuan yang akrab disapa Bunda Niken tersebut mengapresiasi Museum Negeri NTB yang bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB atas tema yang diangkatnya. Yakni upaya melestarikan kebudayaan wastra atau keberanekaragaman kain khas NTB yang terdiri dari berbagai suku sehingga wastranya memiliki ciri khas tersendiri pada keragaman wastra-nya.

“Sebuah kegiatan yang sangat-sangat positif, kami apresiasi apa yang telah diikhtiarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yaitu menjadikan Museum sebagai sarana edukasi bagi masyarakat, baik masyarakat NTB maupun para tamu yang datang ke NTB,” ucapnya.

Bunda Niken menyebut bahwa melestarikan kebudayaan wastra NTB menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh masyarakat. Untuk itu, Dekranasda NTB pada tahun 2022 memiliki program “Sosialisasi/Kampanye Wastra”. Program ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan wastra NTB, khususnya kepada generasi penerus bangsa.

“Menjadikan ini sebagai bagian dari edukasi kita kepada anak-anak akan sangat penting dan ini adalah suatu hal yang harus terus kita lakukan dengan rutin,” pesannya.

Pameran Temporer “Eksotika Wastra Nusa Tenggara Barat” ini akan berlangsung dari tanggal 8 sampai dengan 14 November mendatang. (dskm)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait