Khasiat Jeruk Nipis

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Bagi ibu ibu didapur masalah jeruk nipis sudah menjadi andalan dalam masaakan tapi apa khasiatnya semua orang hanya tahu rasanya asam kecut .tahunya sebagai bumbu dalam cabai yang diulek ulek tapi khasiat tak paham,belum lagi ketemu bu Atik ka lau seka li batuk maka dibuatlah buah nipis dilarutkan dengan kecap manis 1 sendok lalu ditelan ,batuknyamjadi hilang Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil

Banyak orang hanya rasanya jeruk nifis yang menyegarkan makanan maupun minuman, manfaat jeruk nipis pun bikin tubuh segar dan bugar.Meski termasuk sebagai buah-buahan, jeruk nipis memang tidak nikmat jika dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, jeruk nipis akan memberi kesegaran luar biasa bagi makanan maupun minuman berkat rasa asamnya yang khas.Umumnya, jeruk nipis dimanfaatkan sebagai bahan pelezat makanan, sebut saja soto, sambal dan sebagainya. Selain itu, jeruk nipis juga sangat nikmat jika diolah menjadi minuman dingin yang menyegarkan untuk diminum saat Matahari sedang terik-teriknya.

Tak hanya untuk masakan, jeruk nipis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, menyediakan lebih dari 20% vitamin C untuk kebutuhan harian. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi dapat ditemukan dalam jeruk nipis sehingga bermanfaat bagi kesehatan.Jeruk nipis atau disebut juga key lime berasal dari tanaman Citrus aurantiifolia. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau, memiliki diameter 3-6 sentimeter, dan mengandung cairan asam. Rasa asam tersebut berasal dari asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis.Jeruk nipis yang sudah matang memiliki kulit kekuningan dan daging buah yang hijau. Jeruk nipis dapat disimpan pada suhu kamar selama 3 hingga 5 hari namun lebih baik disimpan dalam kulkas untuk menghindari paparan cahaya dan udara yang dapat mengurangi kualitas.

Meski awalnya berasal dari Asia Tenggara. India, Meksiko dan China adalah negara penghasil jeruk nipis terbesar.
Jeruk nipis biasa digunakan sebagai pengganti jeruk limun (lemon), karena keduanya memiliki rasa dan kandungan serupa. Pelaut biasa mengandalkan minuman jeruk nipis untuk menghindari sakit kudis karena terlalu lama di laut.
Jeruk nipis biasa digunakan dalam memasak dan meracik minuman. Serta dimanfaatkan dalam industri parfum hingga aromaterapi.

KANDUNGAN JERUK NIPIS
Jeruk nipis diandalkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk kesehatan, karena kandungan vitamin dan mineral yang begitu melimpah. Lime adalah sumber dari vitamin C, vitamin A, kalsium, hingga zat besi.Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap jeruk nipis berukuran sedang: Kalori: 20.Karbohidrat: 7 gram (g).Protein: 0,5 g.Lemak: 0,1 g.Serat: 1,9 g.Vitamin C: 22% dari angka kecukupan gizi (AKG)Zat besi: 2% AKG.Kalsium: 2% AKG.Vitamin B6: 2% AKG.Thiamin: 2% AKG.Potasium: 1% AKG.Riboflavin.Niacin.Folat. Fosfor.Magnesium.

KHASIAT JERUK NIPIS
1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
2. Menangkal Kanker
3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
4. Menghindari Batu Ginjal
5. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
6. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan
7. Membantu Membakar Lemak
8. Melancarkan Sistem Pencernaan
9. Menyeimbangkan pH Tubuh
10. Mengoptimalkan Kinerja Otak
11. Mencegah Penuan Dini
12. Mengobati Peradangan pada Kulit
13. Menurunkan Gula Darah
14. Memberantas Pertumbuhan Kuman
15. Memperkuat Sendi
Tak hanya rasa asam yang khas dan menyegarkan makanan maupun minuman. Kandungan antioksidan tinggi hingga vitamin melimpah dalam jeruk nipis dapat membuat tubuh menjadi segar, fit dan sehat. Bagaimana cara favoritmu mengonsumsi jeruk nipis, Toppers?

EFEK NEGATIF JERUK NIPIS
1. Memicu asam lambung naik
2. Menyebabkan gigi rusak
Rasa asam dengan sedikit rasa manis dan pahit dalam jeruk nipis adalah alasan mengapa jeruk nipis tidak dimakan langsung seperti buah jeruk biasa. Penggunaan jeruk nipis dapat ditemukan dalam masakan, salah satunya menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
Jeruk nipis mengandung vitamin C dan senyawa antioqksidan yang disebut flavonoid (limonin glukosida) yang memiliki sifat anti-karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi yang mampu memicu proses penyembuhan tukak lambung.
Demikian artikel singkat ini,semoga bisa bermanfaat.
RobertoNews 1236《14.2.22(07.30)》
Praktisi Dokter & Penu kis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait